KUALITAS PELAYANAN CAK DAN NING SEBAGAI TOUR GUIDE DI SURABAYA SHOPPING & CULINARY TRACK BUS

Atika, Hilyati (2020) KUALITAS PELAYANAN CAK DAN NING SEBAGAI TOUR GUIDE DI SURABAYA SHOPPING & CULINARY TRACK BUS. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA BAB 1.pdf

Download (184kB)
[img] Text
PA BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
PA BAB 3.pdf

Download (212kB)
[img] Text
PA BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB)
[img] Text
PA BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
PA COVER - DAFTAR ISI.pdf

Download (853kB)
[img] Text
Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL ATIKA HILYATI 201520529.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Cak dan Ning Surabaya merupakan sebuah kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh pemerintah kota Surabaya setiap tahunnya. Kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan untuk memilih pemuda pemudi kota Surabaya sebagai calon untuk menjadi duta wisata kota Surabaya. Penelitian ini penulis lakukan mulai dari bulan September hingga Desember 20919 di Kota Surabaya dengan kegiatan penelitian yang dilakukan yakni megikuti tur dengan menggunakan bus wisata kota Surabaya dimana bus wisata tersebut bernama Surabaya Shopping & Culinary Track Bus yang dapat disingkat pula dengan nama SSCT. Dengan maksud dan tujuan dari penelitian ini ialah menilai bagaimana kualitas pelayanan daripada Cak dan Ning kota Surabaya sebagai duta wisata kota yang terlibat langsung dalam partisipasinya sebagai tour guide di bus wisata Surabaya Shopping & Culinary Track Bus (SSCT). Penilaian dari kualitas pelayanan tour guide ini berkaitan dengan tiga dimensi yaitu penyedia layanan utama, orientasi pelanggan dan efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Cak dan Ning kota Surabaya (Heung 2008). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner sebagai instrumen penelitiannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penyedia layanan utama yang dilakukan oleh Cak dan Ning sudah sangat baik akan tetapi Cak dan Ning masih kurang dalam penyampaian informasi tentang keselamatan kepada wisatawan; 2) orientasi pelanggan yang dilakukan oleh Cak dan Ning sudah sangat baik tetapi masih kurang dalam pengetahuan akan kebudayaan serta kebiasaan wisatawan ketika berwisata; 3) efektivitas komunikasi yang dilakukan oleh Cak dan Ning sudah baik akan tetapi wisatawan melihat Cak dan Ning kurang dalam menghadapi serta memecahkan suatu permasalahan. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah pihak pemerintah perlu mengadakan emergency class agar Cak dan Ning lebih sadar dan waspada akan penyampaian informasi tentang peraturan keselamatan kepada wisatawan, akan tetapi perlu meningkatkan pengetahuan akan keduayaan serta kebiasaan wisatawan ketika berwisata, dan akan tetapi wisatawan perlu adanya hubungan timbal balik yang lebih agar Cak dan Ning dapat menangani dengan baik ketika ada sebuah permasalahan yang terjadi. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Tour Guide, Cak dan Ning Kota Surabaya, Penyedia Layanan Utama, Orientasi Pelanggan, Efektivitas Komunikasi

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Anggia Quamella
Date Deposited: 21 Aug 2022 07:14
Last Modified: 28 Nov 2022 06:16
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item