STUDI POTENSI E-SPORTS TOURISM MENGGUNAKAN METODE ANALISIS TRIPLE BOTTOM LINE

Alfiano, Johansfrans (2021) STUDI POTENSI E-SPORTS TOURISM MENGGUNAKAN METODE ANALISIS TRIPLE BOTTOM LINE. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721735_BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
S_201721735_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
S_201721735_BAB III.pdf

Download (64kB)
[img] Text
S_201721735_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)
[img] Text
S_201721735_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
S_201721735_COVER.pdf

Download (605kB)
[img] Text
S_201721735_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
S_201721735_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang potensi industri olahraga elektronik di sektor pariwisata khususnya di perkotaan di Indonesia. Dalam hal ini, potensi yang dimaksud meliputi potensi komponen produk dalam ekosistem industri event olahraga elektronik, serta potensi model industri dalam aspek keberlanjutan. Dalam menguraikan komponen ekosistem industri olahraga elektronik, penulis menggunakan konsep “E-sport event dalam paradigma pariwisata” Dilek (2019) dan “Konsep triple bottom line” Elkington (1998) yang membahas tentang potensi keberlanjutan suatu industri berdasarkan 3 agenda utama, yaitu agenda sosial, ekonomi dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sebaran partisipannya adalah seluruh wisatawan dari event olahraga elektronik di perkotaan di Indonesia. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan saat ini industri olahraga elektronik berkembang pesat di Indonesia dan dunia, industri ini juga mengindikasikan pengaruh positif terhadap pembangunan lingkup sosial, ekonomi dan sumber daya alam di sekitar lingkungan industri beroperasi, sehingga berpotensi menjadi sumber daya pariwisata yang berkelanjutan kedepannya. Kata Kunci: E-sports dalam ranah kepariwisataan, potensi E-sports, potensi sumber daya pariwisata berkelanjutan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Fakih Zulfa
Date Deposited: 21 Oct 2022 01:58
Last Modified: 21 Nov 2022 08:01
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item