Belva, Cordelya Rustantara (2022) PENGARUH PENGGUNAAN INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAMAR HOTEL X. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201822709_BAB I.pdf Download (355kB) |
|
Text
PA_201822709_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
|
Text
PA_201822709_BAB III.pdf Download (243kB) |
|
Text
PA_201822709_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
|
Text
PA_201822709_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
PA_201822709_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
PA_201822709_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
PA_201822709_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
Abstract
ABSTRAK Akun instagram Hotel X tidak memiliki banyak interaksi dengan pengikutnya, didasarkan pada jumlah like, views, dan comment pada konten instagram hotel tersebut yang tidak sebanding dengan jumlah pengikutnya dimana menimbulkan pemikiran apakah instagram sebagai media promosi di hotel X telah efektif dalam memasarkan kamar sebagai produk utama dari hotel. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti variabel penggunaan instagram (X) dan menginvestigasi variabel keputusan pembelian kamar (Y) sebuah hotel berbintang lima di Jakarta, dimana kedua variabel tersebut akan diukur tingkat hubungannya satu sama lain dengan uji korelasi Rank Spearman dan pengaruh variabel X terhadap variabel Y menggunakan koefisien determinasi. Penelitian ini telah dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang melibatkan 96 responden dengan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner. Dengan hasil penelitian bahwa variabel penggunaan instagram (X) memiliki tingkat hubungan yang kuat dengan keputusan pembelian kamar (Y) dengan angka koefisien sebesar 0,691**. Dan hasil koefisien determinasi sebesar 0,478 dimana dikatakan berpengaruh secara moderat. Beberapa rekomendasi yang dapat diberikan kepada Hotel X yaitu dengan mempertahankan strategi atau penerapan unggahan konten instagram yang selama ini telah diterapkan, membalas komentar atau pesan yang telah ditinggalkan oleh pengguna instagram lainnya di laman instagram hotel X agar dapat meningkatkan interaksi, serta memaksimalkan kemudahan dalam mencari informasi produk. ABSTRACT Instagram account of Hotel X does not have many interaction with its followers, based on the number of like, views, and comment on the hotel's Instagram content, which is not proportional to the number of followers and this raises the question of whether Instagram as a marketing medium at Hotel X has been effective in marketing rooms as the main product of the hotel. This research aims to examine the Instagram usage effectiveness variable (X) and investigate the room purchase decision variable (Y) of a five-star hotel in Jakarta, where the two variables correlation with each other will be measured by the Rank Spearman correlation test and the influence will be measured by coefficient determination. This research has been carried out using a descriptive quantitative approach that involves 96 respondent with data collection methods carried out by interviewing, observing, and distributing questionnaires. With results show that the Instagram usage variable (X) has a strong correlation with the room purchase decision (Y) with a coefficient of 0.691**. Also results os coefficient determination is 0,478 which means variable X only has moderate influence towards variable Y. Some recommendations that can be given to Hotel X are maintaining the strategy or application of uploading Instagram content that has been implemented so far, replying to comments or messages that have been left by other Instagram users on the Hotel X Instagram page in order to increase interaction, and maximizing the ease of finding product information.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penggunaan instagram, keputusan pembelian, komunikasi pemasaran, bauran promosi, perilaku konsumen instagram usage, buying decisions, marketing communications, promotion mix, consumers behaviour |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Reza Rangkuti |
Date Deposited: | 15 Dec 2022 08:43 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 08:43 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1601 |
Actions (login required)
View Item |