KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI SAUNG ANGKLUNG UDJO

Muhammad, Irfan Hanafi (2020) KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI SAUNG ANGKLUNG UDJO. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201520544_BAB I.pdf

Download (281kB)
[img] Text
PA_201520544_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] Text
PA_201520544_BAB III.pdf

Download (521kB)
[img] Text
PA_201520544_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
PA_201520544_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Text
PA_201520544_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PA_201520544_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Saat ini salah satu sektor pembangunan yang sedang berkembang pesat di Indonesia adalah Pariwisata. Salah satu tempat yang masih melestarikan wisata budaya adalah Saung Angklung Udjo. Wisata budaya yang masih dilestarikan di Saung Angklung Udjo adalah Angklung. Penelitian ini akan memberikan masukan kepada pemandu wisata lokal di Saung Angklung Udjo terkait dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Masukan yang dapat dihasilkan dari kualitas pelayanan ini berkaitan dengan lima penilaian, yaitu professional competence, interpersonal skills, oragnizational skill, emphaty dan problem solving (Huang et al., 2010: 5). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu; 1) terdapat kekurangan dari segi professional competence yakni ketidaktegasannya dalam penyampaian peraturan; 2) responden menyatakan setuju dari segi interpersonal skills pemandu mampu menyampaikan informasi dengan jelas dan mudah dimengerti; 3) Responden sangat setuju bahwa organizational skills yang dimiliki oleh pemandu menjadi nilai terbaik di dalam penelitian ini; 4) Emphaty yang dimiliki oleh pemandu harus ditingkatkan lagi terutama dalam hal berinisiatif membantu wisatawan; 5) segi problem solving yang dinilai oleh wisatawan merupakan salah satu nilai terbaik yang didapatkan oleh pemandu Saung Angklung Udjo. Rekomendasi yang diberikan adalah meningkatkan kemampuan profesional pemandu khususnya menambahkan teknik persuasif dalam penyampaiannya; segi emphaty pemandu harus belajar untuk mendengarkan orang lain dan bersikap membuka diri terhadap komunikasi; adapun masalah fasilitas – fasilitas yang harus diperbaiki adalah tempat penitipan barang bawaan wisatawan yang belum ada di Saung Angklung Udjo dan papan – papan informasi larangan. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Masukan, Professional Competence, Interpersonal Skills, Organizational Skills, Emphaty, Problem Solving, persuasif, fasilitas – fasilitas

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Fakih Zulfa
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:13
Last Modified: 30 Nov 2022 07:18
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item