STRATEGY PROMOSI UNTUK HOMESTAY DI DESA WISATA PAGER HARJO KECAMAMATAN SAMIGALUH, KAB. KULON PROGO, PROVINSI DIY

Dr. Ananta, Budhi Danurdara, BA., M.Sc., CPM (Asia)., et.al. (2022) STRATEGY PROMOSI UNTUK HOMESTAY DI DESA WISATA PAGER HARJO KECAMAMATAN SAMIGALUH, KAB. KULON PROGO, PROVINSI DIY. Tourism Scientific Journal, 8 (1). pp. 114-118. ISSN 2541-1519

[img] Text
J_3811067501_STRATEGY PROMOSI UNTUK HOMESTAY DI DESA WISATA PAGER HARJO KECAMAMATAN SAMIGALUH, KAB. KULON PROGO, PROVINSI DIY.pdf

Download (142kB)
[img] Text
TURNITIN STRATEGY PROMOSI UNTUK HOMESTAY DI DESA WISATA PAGER HARJO KECAMAMATAN SAMIGALUH, KAB. KULON PROGO, PROVINSI DIY.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.jurnal.stiepar.ac.id/index.php/tsj/arti...

Abstract

Kabupaten Kulon Progo memiliki banyak tujuan wisata yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kulon Progo, baik wisata alam, wisata pendidikan, maupun wisata 114 Volume 8 Nomor 1, Desember 2022 (114-118) DOI: 10.32659/tsj.v8i1.234 religi. Salah satunya berada di Pegunungan Menoreh yang terletak di Kecamatan Samigaluh, khususnya di wilayah Desa Pagerharjo. Desa Pagerharjo merupakan salah satu Desa Wisata yang memiliki potensi pariwisata yang beragam, baik panorama alam, seni, budaya, adat istiadat, kuliner dan sebagainya. Untuk mengakomodir wisatawan yang datang untuk menikmati potensi pariwisata maka banyak berkembang homestay yang dikelola oleh pemiliknya masih secara tradisional sehingga keterisian dari homestay tersebut masih kecil. Oleh karena itu diperlukan strategi marketing yaitu promosi yang tepat untuk menaikan tingkat huni kamar homestay. Penelitian ini dilakukan mengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi promosi yang telah dilakukan tidak dilakukan perencanaan terlebih dahulu, hanya ditujukan kepada tamu keluarga dan masih dilakukan dengan menggunakan WOM (words of mouth). Promosi yang dilakukan melalui media sosial (facebook dan Instagram) belum dilakukan secara maksimal dan tidak diupdate secara kontinyu. Perluasan pasar yang dituju dan media promosi melalui media sosial dapat dilakukan lebih aktif dan terarah sehingga dapat menaikan tikat huni dari homestay disamping peran dari KOMPEPAR/POKDARWIS pokdarwis sangat berperan untuk mendampingi homestay agar dapat mengembangkan strategi promosi yang akan dan telah dilakukan. Kata kunci: Desa wisata, homestay, strategi marketing, strategi promosi, media sosial

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Desa wisata, homestay, strategi marketing, strategi promosi, media sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 31 Mar 2023 02:41
Last Modified: 31 Mar 2023 02:41
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1861

Actions (login required)

View Item View Item