Anindito, Yoga Bagaskara (2023) KEPUASAN PESERTA TOUR DI CERITA BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923312_BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
PA_201923312_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
PA_201923312_BAB III.pdf Download (375kB) |
|
Text
PA_201923312_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (605kB) |
|
Text
PA_201923312_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
Text
PA_201923312_COVER.pdf Download (651kB) |
|
Text
PA_201923312_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201923312_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
Abstract
Akibat pandemic Covid-19, yang menyerang secara global pada tahun 2019,. Perusahaan kecil seperti Cerita Bandung memerlukan upaya yang keras untuk bertahan. Moch Parhan sebagai founder dari Cerita Bandung berharap untuk terus mengembangkan bisnisnya diamsa pemulihan ini. Salah satu cara untuk melakukan itu adalah melalui pelanggan. Melalui pelanggan, sebuah perusahaan dapat meningkatkan keunggulannya, serta daya saing. Feed back form yang disebarkan Cerita Bandung kepada peserta tour, nampaknya belum bisa digunakan untuk mengetahui secara spesifik apa yang dapat ditingkatkan atau diperbaiki. Analisa dari feed back form tersebut juga menunjukkan bahwa masih ada peserta yang merasa kurang puas. Ketidak puasan ini dapat berdampak buruk bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, penulis merangkai penelitian ini untuk mengidentifikasikan masalah ketidak puasan peserta Cerita Bandung agar Cerita Bandung dapat terus berkembang. Penelitian kuantitatif ini disusun menggunakan metode deskriptif, dengan teknik accidental sampling dimana peserta walking tour Cerita Bandung diberikan kesempatan untuk mengisi kuesioner terkait dengan 5 faktor pendorong kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan dapat diukur menggunakan 5 faktor pendorong kepuasan pelanggan, diantaranya adalah kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, factor emosional, dan kemudahan. Melalui penelitian ini, penulis dapat mengidentifikasikan bahwa responden merasa kurang puas dengan daya tahan produk cerita bandung, lebih spesifiknya pada rute Bandunglicious, Bandunglicious 2.0, dan The Original Bandung. Secara emosional, terdapat sejumlah peserta yang merasa bosan akibat perjalanan yang terlalu lama. Tak hanya itu, banyak peserta yang merasa bahwa mendaftarkan diri untuk mengikuti rute walking tour cukup sulit, dikarenakan jatah slot pendaftaran yang sedikit, serta frekuensi jadwal perjalanan walking tour yang masih terbilang minim. Meskipun demikian, responden merasa senang setelah mengikuti rute, dan beranggapan bahwa produk dari Cerita Bandung adalah menarik, menyenangkan, dan edukatif. Para peserta juga merasa puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh storyteller sebagai pemandu perjalanan. Secara keseluruhan, Cerita Bandung memiliki kemampuan untuk memberikan pengalaman yang menyenangkan, dan berkesan bagi para peserta. Dan hal tersebut membuat para peserta sangat puas dengan Cerita Bandung. Hanya saja, diperlukan beberapa peningkatan dan perbaikan, diantaranya berupa penyesuaian durasi perjalanan walking tour, penyesuaian slot pendaftar dan frekuensi jadwal perjalanan, serta berbagai bentuk edukasi bagi storyteller untuk mempertahankan kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pelanggan, kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, factor emosional, dan kemudahan. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | M. Abdul Rosad |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 02:01 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 02:01 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
View Item |