BUDAYA POP JEPANG ‘COMIC FRONTIER 16’ SEBAGAI PRODUK WISATADI KABUPATEN TANGERANG

Elisabeth, Eleonora Tiwu (2023) BUDAYA POP JEPANG ‘COMIC FRONTIER 16’ SEBAGAI PRODUK WISATADI KABUPATEN TANGERANG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201923164_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923164_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923164_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923164_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923164_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923164_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PA_201923164_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
PA_201923164_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang memiliki tujuan untuk memberikan rekomendasi berupa Pengembangan Event Budaya Pop Jepang sebagai produk wisata di Kabupaten Tangerang dengan meninjaunya menggunakan model Content Tourism (Seaton, Yamamura: 2020). Partisipan dari penelitian ini dipilih menggunakan Purposive sampling karena mengadaptasi model Content Tourism.Subjek penelitian diantaranya pihak pemegang hak cipta (Copyright), penggemar budaya pop Jepang (Fans), dan para lingkar karya budaya pop Jepang (Circle) yang berpartisipasi dalam Comic Frontier 16. Penelitian dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition Hall (ICE BSD), Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pedoman wawancara, ceklis, kuesioner, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber data dan bahan referensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa event Comic Frontier 16 ini berpotensi menjadi produk wisata di Kabupaten Tangerang. Peneliti mengolah data-data yang telah dikumpulkan berdasarkan aspek dari Pariwisata Budaya Populer oleh Lexhagen dkk (2022). Dari hasil olahan data tersebut, ditunjukkan bahwa aspek Tourism Destination Management menjadi prioritas dalam urgensinya untuk mendukung budaya pop Jepang Comic Frontier 16 sebagai Produk Wisata di Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > D4 Destinasi Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 19 Feb 2024 07:37
Last Modified: 19 Feb 2024 07:37
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2347

Actions (login required)

View Item View Item