Zahra, Yuwandika (2023) PENGEMBANGAN KONTEN INSTAGRAM @TALAGANILEM.OFFICIAL MENGGUNAKAN TEKNIK COPYWRITING. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923206_BAB I.pdf Download (585kB) |
|
Text
PA_201923206_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
PA_201923206_BAB III.pdf Download (57kB) |
|
Text
PA_201923206_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201923206_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201923206_COVER.pdf Download (446kB) |
|
Text
PA_201923206_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
PA_201923206_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) |
Abstract
Pemasaran dengan menggunakan Media Sosial dinilai sebagai cara yang efektif dalam memasarkan suatu daya tarik wisata. Pemasaran melalui Media Sosial juga sudah diterapkan dalam proses pemasaran dari daya tarik wisata Telaga Nilem. Penelitian ini bertujuan mengembangkan jenis konten yang akan diunggah sehingga menghasilkan konten yang dapat menarik perhatian dan memicu rasa minat untuk berkunjung dari audiens Instagram @talaganilem.official ke daya tarik wisata Telaga Nilem. Penelitian ini berfokus pada penggunaan strategi kreatif pesan untuk pengembangan konten nya dengan menggunakan teknik Copywriting menurut Nurdin Hidayah (2021) yang memiliki 8 dimensi didalamnya yaitu Headline, Social Proof, Testimony, Product, Promo, Assurance, Call to Action (CTA), serta Foto dan Video. Penelitian ini sendiri menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan teknik pengambilan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan yaitu dengan Kepala Divisi Pemasaran dan Kerjasama Perumda Aneka Usaha Kuningan (PDAU) serta 2 ahli dibidang Copywriting. Observasi yang dilakukan juga melalui pengamatan daya tarik wisata secara langsung dan pengamatan dari unggahan akun Instagram @talaganilem.official. Kemudian hasil data yang sudah diperoleh akan dianalisis dan diuji keabsahannya menggunakan traingulasi data sumber dan triangulasi data teknik. Penelitian yang sudah dilakukan menunjukan hasil data bahwa belum sepenuhnya dimensi dari Copywriting sudah diterapkan dalam konten unggahan original dari akun Instagram @talaganilem.official. Dari 8 dimensi dalam Copywriting tersebut hanya 2 dimensi yang belum diterapkan dalam unggahan original nya. Juga terdapat jenis konten yang efektif dalam meningkatkan minat dan berakhir di tindakan atau interaksi dari aundiens berdasarkan Copywriters yang menjadi informan. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi berupa bentuk konten yang memiliki fokus Copywriting sesuai dengan konsep yang dipakai sehingga konten yang dibentuk dapat menarik perhatian dan memunculkan rasa minat untuk berkunjung dari audiens Instagram @talaganilem.official. Kata Kunci: Instagram, Konten, Kreatif Pesan, Copywriting, Telaga Nilem
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Konten, Kreatif Pesan, Copywriting, Telaga Nilem |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Kepariwisataan > D4 Destinasi Pariwisata |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 00:54 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 00:54 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2375 |
Actions (login required)
View Item |