PELAYANAN STAF PASASI TERHADAP WHEELCHAIR PAX DI BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG

Gloria, Linda Christhalia (2023) PELAYANAN STAF PASASI TERHADAP WHEELCHAIR PAX DI BANDAR UDARA HUSEIN SASTRANEGARA BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201923270_BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
PA_201923270_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
PA_201923270_BAB III.pdf

Download (101kB)
[img] Text
PA_201923270_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] Text
PA_201923270_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
PA_201923270_COVER.pdf

Download (923kB)
[img] Text
PA_201923270_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PA_201923270_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)

Abstract

Perjalanan dengan moda transportasi udara merupakan salah satu pintu gerbang menuju maupun keluar dari suatu area. Dalam kegiatan operasional penerbangan, groundhandling memiliki peran penting, yakni melayani dan menangani penumpang maupun bagasi serta segala yang berkaitan dengan jalannya operasional penerbangan. Dalam penerbangan, terdapat beberapa jenis penumpang, seperti special passenger yang membutuhkan penanganan khusus yang disebabkan oleh kondisi penumpang tersebut. Berdasarkan data di lapangan, ditemukan bahwa selama tahun 2023 ini, dari bulan Januari hingga Mei, mayoritas special passenger yang ditangani oleh Gapura Angkasa Bandung adalah special passenger kategori wheel chair pax. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan wheelchair pax oleh Gapura Angkasa Bandung di Bandar Udara Husein Sastranegara Bandung. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan datanya. Narasumber pada penelitian ini meliputi Manajer Operasional Gapura Angkasa, Staff Pasasi Gapura Angkasa, Service Quality Control Citilink dan empat wheelchair pax. Penelitian ini mendapatkan bahwa masih terjadi keterlambatan dalam melayani wheelchair pax karena sumber daya manusia di Gapura Angkasa yang terbatas dan belum adanya pelatihan khusus mengenai penanganan terhadap special passenger khususnya wheelchair pax. Pada penelitian ini juga membahas mengenai alur pelayanan check-in hingga boarding terhdap penumpang kategori wheelchair pax. Kata Kunci: Pelayanan, Ground Handling, Wheelchair Pax

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Ground Handling, Wheelchair Pax
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 22 Feb 2024 02:22
Last Modified: 22 Feb 2024 02:22
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2404

Actions (login required)

View Item View Item