ILHAM, AULIYA (2024) STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI YELLO HOTEL PASKAL BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020309024_BAB I.pdf Download (591kB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_BAB III.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (384kB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_COVER.pdf Download (848kB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PA_2020309024_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
Abstract
Pertumbuhan hotel berbintang di kota Bandung dalam lima tahun terakhir terus mengalami kenaikan yang signifikan dan menimbulkan persaingan antar pelaku bisnis. Yello Hotel Paskal Bandung adalah salah satu hotel bintang tiga yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai pemasaran digital dalam upaya menghadapi persaingan dengan kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran (4P) menggunakan Instagram, pelaksanaan marketing strategy (segmenting, targeting, and positioning) menggunakan Instagram dan mengetahui efektivitas strategi pemasaran Instagram di Yello Hotel Paskal Bandung. Teori yang menjadi dasar penelitian ini adalah bauran pemasaran 4P (product, price, promotion, and place) dan STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, dokumen dan wawancara. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis dengan bantuan SWOT. Hasil penelitian menujukan bahwa pelaksanaan bauran pemasaran (4P) melalui Instagram di Yello Hotel Paskal cukup baik. Konsep product yang ditawarkan unik dengan tema street dan gaming, price khusus seperti diskon ditawarkan kepada member, promotion dilakukan dengan softseling yang bekerja sama dengan influencer, dan lokasi yang ditawarkan strategis dan fasilitas lengkap. Pelaksanaan marketing strategy (segmenting, targeting, and positioning) menggunakan media sosial Instagram sudah dilaksanakan dengan baik. Yello Hotel Paskal menargetkan tiga segmen pasar utama: FIT, Government, dan Corporate. Dalam strategi targeting, Yello Hotel Paskal memusatkan pada promosi social event dan paket staycation. Dalam strategi positioning, Yello Hotel Paskal menjadi pilihan utama bagi tamu yang ingin menginap di pusat kota Bandung dan mencari hotel yang mudah dijangkau serta memiliki fasilitas yang lengkap. Efektivitas strategi pemasaran sosial media instagram cukup efektif. Terjadi peningkatkan jumlah pengikut baru pada periode Agustus 2023 – Januari 2024 dengan memanfaatkan tools Instagram ads secara teratur. Namun, berdasarkan laporan insight bulanan, engagement rate terlihat menurun, meskipun Yello Hotel Paskal Bandung sudah menerapkan strategi pemasaran dengan mengunggah konten baru sebanyak 3-4 kali seminggu. Hal ini disebabkan postingan konten yang tidak variatif dan monoton. Oleh sebab itu, penting bagi pihak hotel untuk memikirkan konten yang lebih variatif dan membuat content plan yang mampu meningkatkan engagement rate.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hotel, Srategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Hospitality > D4 Administrasi Hotel |
Depositing User: | M. Abdul Rosad |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 09:55 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 09:55 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |