MOTIVASI WISATAWAN DALAM MELAKUKAN BLEISURE DI KOTA BANDUNG

Lydia, Olyvia (2024) MOTIVASI WISATAWAN DALAM MELAKUKAN BLEISURE DI KOTA BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_2020307021_BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
PA_2020307021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
PA_2020307021_BAB III.pdf

Download (419kB)
[img] Text
PA_2020307021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] Text
PA_2020307021_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
PA_2020307021_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_2020307021_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Motivasi wisatawan dapat berarti sebagai suatu hal yang mendorong seseorang untuk bertindak secara terintegrasi untuk mencapai kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Motivasi Fisik (Physical or Physiological Motivation), Motivasi Budaya (Cultural Motivation), Motivasi Sosial (Social or Interpersonal Motivation), dan Motivasi Fantasi (Fantasy Motivation) dapat menjadi motivasi wisatawan dalam melakukan bleisure di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan instrumen penelitian, yaitu kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden yang sudah pernah melakukan bleisure di Kota Bandung. Hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa rekomendasi yang akan diberikan kepada berbagai pihak, seperti pihak destinasi wisata, akomodasi, perusahaan perjalanan, dan para penulis selanjutnya terkait bleisure untuk dapat dijadikan acuan. Hasil data yang telah diolah menggunakan SPSS 29, antara lain: Motivasi Fisik merupakan motivasi terbesar yang dapat mendorong wisatawan untuk melakukan bleisure di Kota Bandung. Rekomendasi yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh untuk setiap dimensinya antara lain, yaitu (1) Motivasi Fisik: meningkatkan kualitas fasilitas kebugaran di akomodasi; dan meningkatkan aspek pelayanan, kebersihan, dan pengawasan keamanan di akomodasi dan destinasi wisata untuk kenyamanan wisatawan; (2) Motivasi Budaya: meningkatkan edukasi terkait adat Sunda di destinasi wisata; (3) Motivasi Sosial: meningkatkan kualitas objek wisata dengan konsep family-friendly; (4) Motivasi Fantasi: mengembangkan destinasi wisata dengan nuansa alam dan aktivitas.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Wisatawan, Motivasi Wisatawan, Motivasi Fisik, Motivasi Budaya, Motivasi Sosial, Motivasi Fantasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 04 Mar 2025 04:16
Last Modified: 04 Mar 2025 04:16
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2803

Actions (login required)

View Item View Item