Rafiqah, Al Athiyah (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN JAMAAH UMROH DI PT AMARINA HIKMAH ILAL HARAMAIN MAKASSAR. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020305008_BAB I.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_BAB III.pdf Download (290kB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (578kB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
PA_2020305008_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) |
Abstract
Pada suatu bisnis yang berfokus pada bidang jasa kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan menjadi bagian yang penting untuk keberlangsungan bisnisnya. Kepuasan pelanggan dapat terpenuhi dengan baik apabila harapan mereka sesuai dengan apa yang diterima. Bisnis yang dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan memenuhi kepuasan pelanggannya adalah bisnis yang dapat bertahan dari persaingan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah Umroh di PT. Amarina Hikmah Ilal Haramain Makassar serta berapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan jamaah Umroh. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif . Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran angket dengan teknik sampling yakni purposive sampling pada 62 jamaah Umroh yang berangkat pada akhir tahun 2022 hingga awal tahun 2024. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa secara signifikan terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 60,3% dan pengaruhnya tergolong kuat. Dimensi yang mendapatkan nilai yang rendah dapat menjadi bahan perhatian sebagai bahan evaluasi dan peningkatan layanan oleh pihak perusahaan.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, PT. Amarina Hikmah Ilal Haramain Makassar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:02 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:02 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |