Ratna, Maharani Rahim (2024) PENGALAMAN WISATAWAN PADA PELAKSANAAN TOUR KARIMUNJAWA DI PT. KARIMUNJAWA TRAVEL. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020307018_BAB I.pdf Download (250kB) |
![]() |
Text
PA_2020307018_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
![]() |
Text
PA_2020307018_BAB III.pdf Download (396kB) |
![]() |
Text
PA_2020307018_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
![]() |
Text
PA_2020307018_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
![]() |
Text
PA_2020307018_COVER.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
PA_2020307018_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Indonesia negara yang kaya akan keanekaragaman hayati dan memiliki banyak pulau kecil yang dimanfaatkan untuk pariwisata. Di antara pulau – pulau kecil tersebut salah satunya Karimunjawa. Pulau Karimunjawa berkembang sangat pesat dilihat dengan adanya penyedia jasa seperti travel agent lokal yang dikembangkan oleh masyarakat setempat salah satunya PT. Karimunjawa Travel. Pengalaman wisatawan merupakan strategi dalam menciptakan momen of truth. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman wisatawan berdasarkan dimensi entertainment, education, escapism, dan esthetic pada pelaksanaan tour Karimunjawa. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Pine dan Gilmore yang menyatakan bahwa pengalaman wisatawan terdiri dari empat dimensi yaitu entertainment, education, escapism, dan esthetic. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Dalam pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan menggunakan teknik sampling insidental. Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 250 responden. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS 25. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Pengalaman wisatawan berdasarkan dimensi entertainment masuk kedalam kategori baik dengan nilai total 5.473. (2) Pengalaman wisatawan berdasarkan dimensi education masuk kedalam kategori baik dengan nilai total 6.193. (3) Pengalaman wisatawan berdasarkan dimensi escapism masuk kedalam kategori baik dengan nilai total 6.497. (4) Pengalaman wisatawan berdasarkan dimensi esthetic masuk kedalam kategori sangat baik dengan nilai total 6.653. Rekomendasi, sebaiknya kedua aktivitas snorkeling dan diving tidak dijadikan satu dalam satu perahu, diharapkan memperhatikan komunikasi dengan tour guide di lapangan, memperhatikan kebutuhan dan keselamatan wisatawan, menambahkan kunjungan ke destinasi wisata lainnya.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengalaman Wisatawan, Entertainment, Education, Escapism, dan Esthetic |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 04:07 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 04:07 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2814 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |