Afta, Bagja Wilandana (2024) OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDAI PEMASARAN PT. PIJAR KREASI MAKSIMAL BALI. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020306010_BAB I.pdf Download (362kB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (289kB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_BAB III.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (660kB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_COVER.pdf Download (747kB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
PA_2020306010_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Event Organizer merupakan salah satu bentuk usaha dalam industri kreatif yang bertujuan untuk mengorganisasi sebuah pelaksanaan acara mulai dari tahap perencanaan hingga berjalannya acara. PT. Pijar Kreasi Maksimal merupakan salah satu Event Organizer yang ada di pulau Bali yang telah berdiri sejak tahun 2012 dan memiliki berbagai pengalaman di dalam bidang perencaan sebuah event. Dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, PT. Pijar Kreasi Maksimal pun memiliki akun media sosial sebagai platform untuk menampilkan portofolio event dan melakukan kegiatan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan media sosial instagram yang dimiliki oleh PT. Pijar Kreasi Maksimal yang dapat digunakan sebagai platform untuk melakukan kegiatan pemasaran. Mengacu pada teori (Luttrell, 2019) terkait pemanfaatan media sosial Instagram yang optimal ditentukan dari empat model sirkular, yaitu Share (Berbagi), Optimize (Optimisasi), Manage (Mengelola), dan Engage (Melibatkan). Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan pada penelitian ini menggunakan Teknik triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Diketahui bahwa PT. Pijar Kreasi Maksimal telah menggunakan platform media sosial instagram untuk menyebarkan konten yang berkaitan dengan portofolio acara dan peringatan hari besar. Namun, konten yang dibagikan belum memungkinkan pengikut untuk berkomunikasi secara efektif satu sama lain. Pengembangan konten yang lebih menarik dan interaktif terhambat oleh keterbatasan sumber daya, seperti kekurangan kreator konten atau manajer media sosial. Konten yang dibagikan, seperti portofolio peristiwa, telah membantu membangun kepercayaan, tetapi kurang dalam variasi dan keterkinian. Untuk meningkatkan keterlibatan, konten harus lebih interaktif dan sesuai dengan tren saat ini. Selain itu, PT. Pijar Kreasi Maksimal harus memaksimalkan penggunaan berbagai fitur Instagram untuk meningkatkan kesadaran merek dan citra perusahaan. Secara keseluruhan, PT. Pijar Kreasi Maksimal perlu meningkatkan variasi dan frekuensi konten serta membentuk tim yang berfokus pada manajemen media sosial untuk memaksimalkan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Pengelolaan, Optimalisasi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:13 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:13 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2841 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |