Ch Desniko, Ariq Bagaskoro (2024) PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DI KM COMMUNICATION. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020306016_BAB I.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_BAB III.pdf Download (226kB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_COVER.pdf Download (798kB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PA_2020306016_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
Abstract
Relationship marketing adalah strategi yang menekankan pentingnya membangun hubungan jangka panjang untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini mengeksplorasi penerapan relationship marketing di KM Communication, sebuah event organizer (EO) di Jakarta. Dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan empat informan, termasuk CEO, Senior Account Executive, serta pelanggan repeater dan non-repeater. Analisis data dilakukan menggunakan NVIVO, berfokus pada komponen trust, commitment, communication, conflict handling, satisfaction, serta manfaat relationship marketing yakni customer loyalty. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KM Communication berhasil menerapkan relationship marketing melalui pendekatan personal, komitmen strategis, komunikasi terstruktur, penanganan konflik yang efektif, dan koordinasi yang efisien, meskipun masih perlu peningkatan dalam sensitivitas preferensi. Penelitian ini merekomendasikan beberapa langkah untuk meningkatkan strategi relationship marketing di KM Communication, termasuk peningkatan transparansi proyek, pengembangan program loyalitas, penerapan sistem tertulis, pembuatan contact person, dan survei kepuasan pelanggan. Diharapkan temuan ini dapat membantu KM Communication dalam mengoptimalkan strategi relationship marketing untuk memperkuat loyalitas pelanggan.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | relationship marketing, metode kualitatif, komponen keberhasilan relationship, loyalitas pelanggan, strategi relationship marketing |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 04:01 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 04:01 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |