Faiz, Akbar Ilyas (2024) PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI PT. WANINDO PRIMA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020306006_BAB I.pdf Download (336kB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_BAB III.pdf Download (368kB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PA_2020306006_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
Abstract
Persaingan di industri event sangat ketat, terutama di antara kontraktor pameran. PT. Wanindo Prima berusaha tetap kompetitif dengan menerapkan Customer Relationship Management (CRM) untuk mengelola hubungan pelanggan dan mengumpulkan informasi kebutuhan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis penerapan Customer Relationship Management: People, Process, and Technology (Kumar & Reinartz, 2018). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat pengumpulan data yaitu kuesioner atau angket dengan sifat tertutup. Adapun pengumpulan sampel menggunakan purposive sampling dengan teknik non probability sampling. Penelitian ini menggunakan rumus Krejcie and Morgan guna menetapkan jumlah sampel, dengan sampel yang diambil berasal dari pengguna jasa kontraktor event pameran di PT. Wanindo Prima tahun 2023. Data yang didapat diolah dengan menggunakan software Microsoft Excel dan SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelanggan menilai bahwa aspek people, process, dan technology di PT. Wanindo Prima secara keseluruhan sudah cukup baik dalam mendukung tercapainya kepuasan pelanggan, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan dalam hal profesionalisme staf, kecepatan respons, dan pengembangan teknologi yang lebih user-friendly. Rekomendasi yang dapat diterapkan oleh perusahaan ialah peningkatan keterampilan SDM melalui pelatihan komunikasi dan studi kasus, penambahan karyawan untuk meningkatkan pelayanan, penyusunan SOP yang lebih rinci, penggunaan sistem manual untuk keamanan data pelanggan, serta pengaktifan kembali dan peningkatan responsivitas website perusahaan untuk memudahkan akses informasi bagi pelanggan.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management (CRM), People, Process, Technology, Kotraktor Event Pameran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:20 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:20 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |