PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT GENESIA DWI MITRA

Ratu, Fia Zulfia Hendrita (2024) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI PT GENESIA DWI MITRA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_2020306049_BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PA_2020306049_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_2020306049_BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PA_2020306049_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_2020306049_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PA_2020306049_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PA_2020306049_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PA_2020306049_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan di PT Genesia Dwi Mitra menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Relationship marketing merupakan strategi pemasaran yang berfokus pada pemeliharaan serta peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggan yang telah terjalin sebelumnya dengan harapan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. Data untuk penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 21 pelanggan PT Genesia Dwi Mitra. Teknik analisis yang digunakan adalah pengujian Regresi Linear Sederhana untuk mengukur hubungan antara variabel relationship marketing dan loyalitas pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang positif antara relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan. Komponen-komponen relationship marketing seperti trust, commitment, dan communication memiliki kontribusi yang berarti terhadap peningkatan loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil tersebut, ditemukan beberapa rekomendasi untuk PT Genesia Dwi Mitra untuk meningkatakan strategi relationship marketing guna mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pelanggan antara lain: 1) program jaminan kepuasan, 2) survey kepuasan pelanggan, 3) serta memberikan penawaran menarik bagi pelanggan lama. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan agi PT Genesia Dwi Mitra dalam mengoptimalkan penerapan relationship marketing untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: pengaruh, relationship marketing, loyalitas pelanggan, penelitian kuantitatif, regresi linear sederhana.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 16 May 2025 08:33
Last Modified: 16 May 2025 08:33
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2934

Actions (login required)

View Item View Item