CITRA PERUSAHAAN TRANSPORTASI PO PAHALA KENCANA RUTE BANDUNG – LAMPUNG

Anisah, Khoiriyah (2020) CITRA PERUSAHAAN TRANSPORTASI PO PAHALA KENCANA RUTE BANDUNG – LAMPUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201621160_BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
PA_201621160_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
PA_201621160_BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
PA_201621160_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] Text
PA_201621160_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
PA_201621160_COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Text
PA_201621160_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201621160_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)

Abstract

Berdirinya berbagai perusahaan bus antar daerah dan antar provinsi tentunya dapat memunculkan persaingan dalam bidang transportasi darat, khususnya bagi perusahaan bus yang menyediakan rute perjalanan dari Bandung menuju Lampung. Beberapa perusahaan bus yang menyediakan rute dari Bandung menuju Lampung di antaranya Sari Harum, Damri, BSI, dan Pahala Kencana. Tentunya masing-masing perusahaan menyediakan fasilitas yang berbeda-beda yang dapat dijadikan keunggulannya. PO Pahala Kencana merupakan salah satu perusahaan transportasi bukan hanya antar daerah tetapi juga antar provinsi yang memiliki berbagai macam rute keberangkatan yang juga berusaha memberikan pelayanan dan menyediakan fasilitas terbaik untuk para penumpangnya. Hal ini tentu saja membuat setiap perusahaan bersaing ketat untuk memberikan pelayanan dan menyediakan fasilitas terbaiknya bagi para penumpang guna menciptakan citra perusahaan yang baik dan positif. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah citra perusahaan transportasi Pahala Kencana memiliki citra yang baik atau tidak, berdasarkan dari persepsi para penumpang Pahala Kencana khususnya untuk rute Bandung-Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan 100 responden, berdasarkan data penjualan penumpang terhitung pada bulan Maret 2019. Jumlah responden didapatkan dari hasil perhitungan menggunakan rumus Slovin dan menggunakan Teknik sampling yaitu insidental sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan 4 dimensi yaitu dimensi penampilan fasilitas fisik, dimensi pelayanan karyawan, dimensi kualitas dan keandalan produk serta dimensi harga yang ditawarkan menurut teori Freddy Rangkuti (2006). Hasil penelitian dari ke empat dimensi yaitu 3.42 yang berarti bahwa citra perusahaan Pahala Kencana menurut persepsi penumpangnya adalah Baik. Namun masih terdapat satu (1) dimensi yaitu dimensi Penampilan Fasilitas Fisik yang mendapatkan nilai Cukup. Sehingga peneliti memberikan rekomendasi penelitian ini adalah memperbaiki beberapa indikator, seperti memperbaiki dan memberikan perawatan berkala pada pendingin ruangan yang ada di ruang tunggu. Serta menugaskan satu (1) orang karyawan untuk menjaga kebersihan kantor, memastikan kelengkapan dan kebersihan armada sebelum waktu keberangkatan, melakukan perawatan berkala untuk keseluruhan bus termasuk perawatan mesin sekali dalam 3 bulan, dan memastikan kondisi keseluruhan bus sudah dalam keadaan siap sebelum keberangkatan. Kata Kunci : Transportasi, Pahala Kencana, Citra Perusahaan

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Bisnis Perjalanan
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:43
Last Modified: 28 Nov 2022 04:06
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item