PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT PEMESANAN KAMAR DI HOTEL RAFFLES BALI

Drs. Jacob, Ganef Pah, M.T. and Drs. Rachmat, Mulyawan, MM.Par. (2024) PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT PEMESANAN KAMAR DI HOTEL RAFFLES BALI. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_2020309021_BAB I.pdf

Download (659kB)
[img] Text
PA_2020309021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
PA_2020309021_BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
PA_2020309021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text
PA_2020309021_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
PA_2020309021_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PA_2020309021_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
PA_2020309021_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Di era globalisasi, kemajuan teknologi dan kemudahan akses internet mempengaruhi perilaku konsumen, yang cenderung beralih ke digital. Persaingan hotel yang ketat menjadikan online customer review sebagai salah satu faktor penting yang mempengaruhi minat pemesanan kamar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ulasan online terhadap minat pemesanan kamar di Raffles Bali. Penelitian kuantitatif ini memperoleh data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner dengan responden 100 pengikut Instagram Raffles Bali. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji korelasi Rank Spearman, dan koefisien determinasi yang diolah dengan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enam indikator online customer review memiliki hubungan yang signifikan dan positif terhadap minat pemesanan kamar dengan hubungan antar variabel yang kuat, dibuktikan dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,701. Selain itu, online customer review memiliki pengaruh sedang terhadap minat pemesanan kamar, dengan menjelaskan 53,3% dari variabel minat pemesanan kamar, sementara 46,67% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Hospitality > D4 Pengelolaan Perhohtelan
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 22 Dec 2025 03:12
Last Modified: 22 Dec 2025 03:12
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item