ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI PT MOUNT SCOPUS INDONESIA

Raisya Nurrachman, Febryan Putri (2021) ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DI PT MOUNT SCOPUS INDONESIA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201721971_BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
PA_201721971_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
PA_201721971_BAB III.pdf

Download (228kB)
[img] Text
PA_201721971_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
PA_201721971_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
PA_201721971_COVER.pdf

Download (908kB)
[img] Text
PA_201721971_Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_201721971_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Customer relationship management (CRM) merupakan suatu proses dalam mengumpulkan berbagai informasi yang akan meningkatkan pemahaman mengenai pengelolaan suatu hubungan perusahaan dengan pelanggannya dan terbagi menjadi empat tahapan yang disebut IDIC Model (identify, differentiate, interact, customize). Dalam pelaksanaan CRM di industri makanan dan minuman terdapat beberapa strategi salah satunya adalah dengan membentuk program khusus yang disebut loyalty program. Terlihat dari latar belakang masalah penelitian ini ialah lebih banyak pelanggan anggota yang belum pernah belanja dibandingkan pelanggan anggota yang pernah belanja di outlet maupun website. Peneliti akan menganalisa lebih dalam menggunakan IDIC Model dan menggunakan populasi serta sampel dari anggota pelanggan loyalty program dari PT Mount Scopus Indonesia yakni “The Harvest Treats”. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknik pengolahan data menggunakan skala likert dibantu software IBM SPSS Statistics 25. Populasi yang digunakan adalah seluruh anggota pelanggan “The Harvest Treats” sejumlah 80.713 pelanggan dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sehingga jumlah responden sebanyak 100 pelanggan. Dari 4 dimensi yakni IDIC Model (identify, differentiate, interact, customize) menjelaskan hasil bahwasanya CRM di PT Mount Scopus Indonesia identifying customers yakni 3.033, kemudian customize for customers mendapatkan nilai 3.032, lalu interact with customers mendapatkan nilai 2.845 dan yang mendapatkan vi nilai paling rendah adalah differentiating customers yakni 2.791. Hal tersebut menunjukkan hasil olahan data kuesioner dan analisa pada customer relationship management (CRM) di PT Mount Scopus Indonesia, dapat terlihat bahwasanya keseluhuran CRM yang ada di PT Mount Scopus Indonesia mendapatkan nilai rata�rata yang cukup baik. Penulis berharap agar pihak manajemen dari PT Mount Scopus Indonesia mengetahui, meenjaga dan meningkatkan hasil yang cukup baik ini agar kedepannya menjadi lebih baik dalam pengelolaan hubungan dengan pelanggan melalui CRM. Kata kunci: Customer Relationship Management, IDIC Model, Loyalty Program.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Hospitality > D4 Administrasi Hotel
Depositing User: M. Abdul Rosad
Date Deposited: 24 Aug 2022 01:31
Last Modified: 24 Nov 2022 02:22
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item