MOTIVASI VOLUNTEER TOURIST DALAM MENGIKUTI KEGIATAN VOLUNTOURISM DI PROVINSI JAWA BARAT

Aisyah, Puspita Ramdhani (2021) MOTIVASI VOLUNTEER TOURIST DALAM MENGIKUTI KEGIATAN VOLUNTOURISM DI PROVINSI JAWA BARAT. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721817_BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
S_201721817_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
S_201721817_BAB III.pdf

Download (466kB)
[img] Text
S_201721817_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72MB)
[img] Text
S_201721817_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] Text
S_201721817_COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
S_201721817_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85MB)
[img] Text
S_201721817_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Volunteer tourism merupakan aktivitas wisata minat khusus dimana wisatawan membayar sejumlah biaya untuk pergi ke suatu destinasi dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam bidang pendidikan, sosial, lingkungan atau ekonomi (Kazandzhieva, 2014 : Müller & Scheffer, 2019). Utami et.al (2021), menemukan dimensi shallow motivation (berlibur, membangun hubungan dengan individu yang memiliki minat yang sama, memperbaharui resume pekerjaan, mengembangkan kemampuan diri, serta mengeksplorasi dan merasakan sebuah tantangan) dan deep motivation (manfaat kepada orang lain, melakukan sebuah perubahan, merasakan kebudayaan, dan menularkan kebaikan) Millennial volunteer tourist di Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mencari motivasi utama dari volunteer tourist dalam mengikuti kegiatan voluntourism di Provinsi Jawa Barat dengan mengacu kepada dimensi shallow dan deep motivation yang ditemukan oleh Utami et.al (2021) dengan menggunakan survei skala besar. Penelitian ini diharapkan dapat membantu penyelenggara volunteer tourism untuk membuat program berdasarkan motivasi volunteer tourist. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor konfirmatori. Data yang digunakan diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada 300 volunteer tourist. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa terdapat 8 faktor baru yang terbentuk dari hasil analisis faktor motivasi volunteer tourist yang mengikuti kegiatan voluntourism di Provinsi Jawa Barat, yaitu: Merasakan Kebudayaan Lokal, Membangun Hubungan Sosial dan Karir, Melakukan Sebuah Perubahan, Mengeksplorasi Hal Baru, Mengembangkan Kualitas Diri, Memanfaatkan Waktu Luang, Keluar Untuk Menyebarkan Kebaikan Serta Altruistic (Altruism). Kata kunci : Volunteer Tourism, Volunteer Tourist, Motivasi Volunteer Tourist.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Perjalanan > S1 Studi Industri Perjalanan
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 03:39
Last Modified: 21 Nov 2022 07:35
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item