KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI VIRTUAL TOUR MUSEUM BANK INDONESIA

Muhammad, Naufal Yona Satria (2021) KUALITAS PELAYANAN PEMANDU WISATA DI VIRTUAL TOUR MUSEUM BANK INDONESIA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201721911_BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
PA_201721911_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] Text
PA_201721911_BAB III.pdf

Download (226kB)
[img] Text
PA_201721911_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] Text
PA_201721911_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
PA_201721911_COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text
PA_201721911_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201721911_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)

Abstract

Sebanyak tiga puluh tiga museum di Indonesia ditutup untuk sementara waktu dikarenakan pandemi COVID-19. Ditutupnya sejumlah museum tersebut menghambat masyarakat untuk berkunjung, belajar, dan berlibur ke museum, hal tersebut membuat sejumlah museum melakukan inovasi yaitu virtual tour museum. Saat ini virtual tour menjadi alternatif yang dapat dilaksanakan supaya pariwisata dapat bertahan sehingga kebutuhan wisatawan dapat terpenuhi. Salah satu museum yang mengadakan virtual tour adalah Museum Bank Indonesia. Virtual Tour Museum Bank Indonesia sudah beroperasi sejak November 2020 sampai sekarang. Per Februari 2021 Virtual Tour Museum Bank Indonesia telah berhasil mendapatkan 4614 peserta. Salah satu komponen penting di dalam virtual tour yaitu pemandu wisata yang mempunyai peranan penting untuk memberi berbagai informasi yang dibutuhkan wisatawan. Pelayanan kepada wisatawan secara langsung dengan virtual tentunya memiliki perbedaan, sehingga diperlukan penelitian untuk meningkatkan kualitas pelayanan pemandu wisata di Virtual Tour Museum Bank Indonesia, kemudian kualitas pelayanan yang baik akan membuat wisatawan melakukan kunjungan kembali. Penelitian ini menggunakan enam dimensi pokok untuk mengetahui kualitas pelayanan pemandu wisata di virtual tour museum bank Indonesia yaitu core service delivery, customer orientation, communication effectiveness, content, context, dan richly open. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini berjumlah 229 orang yang telah mengikuti Virtual Tour Museum Bank Indonesia. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan penyebaran kuesioner online dan studi kepustakaan. Dalam melakukan analisis, penulis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan garis kontinum. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa kualitas pelayanan pemandu wisata di Virtual Tour Museum Bank Indonesia sudah sangat baik. Rekomendasi yang diberikan penulis adalah pemandu wisata memperbaharui informasi yang dimiliki, memberi ice breaker saat virtual tour, menyiapkan koneksi cadangan, memperbaiki resolusi gambar, dan menambah teknologi baru. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pemandu Wisata, Virtual Tour, Core Service Delivery, Customer Orientation, Communication Effectiveness, Content, Context, Richly Open

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:51
Last Modified: 24 Nov 2022 04:13
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item