PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PAKET WISATA KAWAH IJEN BANYUWANGI DI RAMEYZA WISATA INDONESIA

Nabilla, Dinga (2020) PENGEMBANGAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PAKET WISATA KAWAH IJEN BANYUWANGI DI RAMEYZA WISATA INDONESIA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201621174_BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
PA_201621174_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
PA_201621174_BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
PA_201621174_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text
PA_201621174_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
PA_201621174_COVER.pdf

Download (346kB)
[img] Text
PA_201621174_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PA_201621174_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)

Abstract

Taman Wisata Alam Kawah Ijen merupakan salah satu atraksi wisata di Indonesia yang mampu menarik wisatawan mancanegara. Daya tarik utamanya adalah Blue Fire atau api biru yang berada di dalam Kawah Ijen. Letaknya yang berada di perbatasan antara dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, membuat destinasi wisata ini dapat dikses dari kedua kabupaten tersebut. Salah satu biro perjalanan wisata yang menawarkan paket wisata Kawah Ijen adalah Rameyza Wisata Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Bondowoso. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ekspektasi dan persepsi konsumen paket wisata Kawah Ijen terhadap kualitas pelayanan di Rameyza Wisata Indonesia sehingga dapat diketahui faktor-faktor untuk meningkatkan kepuasan konsumen dengan menggunakan dimensi SERVQUAL dan bauran pemasaran pelayanan. Dalam peneliitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dibuat kesimpulan bahwa konsumen paket wisata Kawah Ijen merasa belum puas dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rameyza Wisata Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pihak manajemen untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga belum maksimal. Maka dari itu, untuk meningkatka kepuasan konsumen paket wisata Kawah Ijen diperlukan adanya pengembangan kualitas pelayanan melalui faktor-faktor yang terkait. Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Ekspektasi, Persepsi.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Bisnis Perjalanan
Depositing User: Anggia Quamella
Date Deposited: 21 Aug 2022 05:51
Last Modified: 29 Nov 2022 06:12
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item