Mahadewi, Irnawati Tuhanan (2021) OPERATIONAL STRATEGY AT PT ADIWIDYA NUSANTARA TRAVEL DURING COVID-19 SOCIAL RESTRICTION (PSBB). D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201721857_BAB I.pdf Download (150kB) |
|
Text
PA_201721857_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
Text
PA_201721857_BAB III.pdf Download (105kB) |
|
Text
PA_201721857_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
PA_201721857_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
|
Text
PA_201721857_COVER.pdf Download (438kB) |
|
Text
PA_201721857_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201721857_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
Abstract
COVID-19 merupakan varian virus baru dan telah menjadi pandemi dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Pemerintah Indonesia merespon pandemi ini dengan menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pembatasan yang diberlakukan telah menghambat banyak industri di Indonesia, termasuk bisnis Travel Agent. Oleh karena itu, travel agent di Indonesia harus mengubah strategi operasional perusahaan di setiap divisi agar perusahaan dapat terus berjalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi operasional sebelum, selama pandemi, dan untuk masa depan di salah satu travel agent di Indonesia yaitu PT Adwidiya Nusantara Travel. Penelitian ini berfokus pada strategi operasional menurut pemilik perusahaan, divisi operasional dan sumber daya manusia, juga divisi pemasaran dan keuangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Pemilihan sampel penelitian ini dilakukan secara purposive sampling Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan di PT Adiwidya Nusantara Travel sebelum COVID-19 ini berjalan dengan lancar namun, setelah adanya pandemi beberapa kegiatan tidak dapat dilaksanakan secara maksimal sehingga berdampak pada masing-masing divisi yaitu kegiatan di divisi operasional dan sumber daya manusia berkurang, yang pada akhirnya juga berimbas pada divisi pemasaran dan keuangan. Meskipun begitu, perusahaan mampu bertahan di masa pandemi dan sudah mulai merencanakan strategi operasional baru di masing-masing divisi untuk masa depan. Kata Kunci: COVID-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Strategi Operasional, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Keuangan.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: COVID-19, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Strategi Operasional, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, Keuangan. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Bisnis Perjalanan |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 03 Oct 2022 04:10 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 00:55 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
View Item |