Gede, Hendi Wicaksana (2021) EFEKTIVITAS CELEBRITY ENDORSEMENT DALAM VIRTUAL JATIM FAIR 2020. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201721881_BAB I.pdf Download (564kB) |
|
Text
PA_201721881_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) |
|
Text
PA_201721881_BAB III.pdf Download (534kB) |
|
Text
PA_201721881_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201721881_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
|
Text
PA_201721881_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
PA_201721881_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
PA_201721881_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
Abstract
Dampak pandemi Covid-19 menyebabkan industri MICE khususnya pada event pameran mengalami penurunan dengan sangat drastis pada tahun 2020. Sehingga para pelaku MICE harus merubah konsep untuk beradaptasi dengan tatanan kehidupan baru, begitu juga halnya dalam marketing dalam suatu event. PT. Debindo Mitra Tama telah menyelenggarakan Virtual Jatim Fair dengan konsep hybrid dan melakukan strategi celebrity endorsement. Celebrity Endorsement yang dilakukan untuk menarik pengunjung belum efektif. Hal ini dikarenakan realisasi pengunjung belum mencapai target pengunjung yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan untuk mengukur efektivitas celebrity endorsement yang telah dilakukan dalam Virtual Jatim Fair 2020. Efektivitas merupakan hubungan antara keluaran dengan tujuan atau sasaran yang harus dicapai. Dikatakan efektif apabila proses kegiatan mencapai tujuan dan sasaran akhir kebijakan. Untuk mengukur efektivitas celebrity endorsement penulis menggunakan 4 faktor yaitu kepercayaan, keahlian, kreadibilitas, dan daya tarik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menilai dan mengevaluasi efektivitas celebrity endorsement marketing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik yang digunakan adalah sensus survei dengan jumlah 107 responden dari followers instagram akun resmi Jatim Fair. Hasil dari olahan data penilaian dari responden dan pembahasan mengenai efektivitas celebrity endorsement dalam Virtual Jatim Fair 2020 termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari keempat sub variabel dengan nilai rata – rata tertinggi yaitu kreadibilitas sedangkan untuk nilai terendah yaitu pada sub variabel daya tarik. Peneliti memberikan beberapa rekomendasi pada PT. Debindo Mitra Tama selaku pihak penyelenggara dari Virtual Jatim Fair 2020, dengan harapan dapat mempertahankan serta meningkatkan penilaian yang sudah baik dan juga sebagai masukan untuk event berikutnya. Kata Kunci: Marketing, Celebrity Endorsement, Efektivitas Celebrity Endorsement, Virtual Jatim Fair
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Marketing, Celebrity Endorsement, Efektivitas Celebrity Endorsement, Virtual Jatim Fair |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Konvensi Dan Event |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 04 Oct 2022 02:00 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 01:40 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1025 |
Actions (login required)
View Item |