EXPERIENCE ECONOMY DALAM PENGALAMAN PESERTA EVENT SABILULUMPAT COLOR RUN DI KABUPATEN BANDUNG

Brainnanda, Kevin Christanta (2020) EXPERIENCE ECONOMY DALAM PENGALAMAN PESERTA EVENT SABILULUMPAT COLOR RUN DI KABUPATEN BANDUNG. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201621135_BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
S_201621135_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text
S_201621135_BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
S_201621135_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
S_201621135_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
S_201621135_COVER.pdf

Download (338kB)
[img] Text
S_201621135_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
S_201621135_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Sabilulumpat Color Run merupakan salah satu event besar yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung. Disparbud berkeinginan untuk mengembangkan Sabilulumpat Color Run menjadi event akbar yang sesuai selera banyak orang yang didasarkan pengalaman para peserta. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mngetahui pengalaman peserta yang berpartisipasi dalam event Sabilulumpat Color Run dengan menggunakan Experience Economy yang terdiri dari empat faktor, yakni entertainment, esthetic, education, dan escapist. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan objek penelitian adalah peserta Sabilulumpat Color Run 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 350 orang. Teknik analisis yang digunakan yakni analisis statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya mayoritas peserta yang berpartisipasi dalam Sabilulumpat Color Run adalah orang-orang berusia 17 – 23 tahun berjenis kelamin laki-laki dengan pendidikan SD/SMP/SMA. Sebagian besar peserta berdomisili di Kabupaten Bandung dengan profesi yang didominasi oleh pelajar/mahasiswa. Secara keseluruhan peserta Sabilulumpat mendapatkan pengalaman yang baik ditinjau dari faktor entertainment, esthetic, education, dan escapist. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan masukan sekaligus evaluasi bagi Disparbud Kabupaten Bandung selaku penyelenggara untuk mengembangkan aktivitas pengalaman yang sesuai dengan selera peserta di masa depan dan menciptakan pengalaman yang berkualitas bagi para pesertanya. Kata Kunci : Entertainment, Esthetic, Education, Escapist, Sabilulumpat Color Run, Pengalaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Jurusan Perjalanan > S1 Studi Industri Perjalanan
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2022 06:52
Last Modified: 28 Nov 2022 07:33
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item