Jessica, Anzamar Sibarani (2020) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG ULANG WISATAWAN KE KOTA BANDUNG. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
S_201621142_BAB I.pdf Download (35kB) |
|
Text
S_201621142_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
S_201621142_BAB III.pdf Download (141kB) |
|
Text
S_201621142_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
|
Text
S_201621142_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (47kB) |
|
Text
S_201621142_COVER.pdf Download (217kB) |
|
Text
S_201621142_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) |
|
Text
S_201621142_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
Abstract
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi revisit intention wisatawan sangat penting bagi pemerintah, para manajer atau stakeholder pariwisata lainnya untuk memiliki tujuan secara fundamental untuk mengetahui cara membangun citra yang menarik dan mengembangkan pemasaran pariwisata yang efektif dengan strategi manajemen untuk membangun motivasi perjalanan sehingga dapat menarik wisatawan untuk melakukan kunjungan kembali. Kunjungan ulang wisatawan sangat penting bagi pelaku usaha pariwisata agar dapat beroperasi secara efektif dan efisien, karena menarik pengunjung sebelumnya lebih menghemat biaya daripada mendatangkan pengunjung baru. Penelitian bertujuan untuk mencari faktor-faktor apa saja yang paling memengaruhi minat berkunjung ulang wisatawan ke Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis faktor. Kuesioner online dibagikan secara acak dan diperoleh 100 orang wisatawan yang sudah pernah berwisata ke Bandung. Hasil penelitian menyatakan terdapat empat faktor yang memengaruhi wisatawan untuk kembali berwisata ke Bandung. Hal ini tidak senada dengan model yang dipakai Peneliti menurut Som et al. (2012) yang menyatakan hanya terdapat dua faktor yang memengaruhi revisit behavioral yakni destination image dan motives. Faktor yang paling berpengaruh adalah atribut motivasi untuk meningkatkan status sosial. Faktor yang paling tidak berpengaruh adalah faktor cuaca dan iklim. Dengan mengetahui faktor ini diharapkan pihak pemerintah ataupun swasta yang bergerak dalam bidang kepariwisataan mampu untuk mengembangkan destinasi wisata dan strategi promosi yang sesuai dengan permintaan pasar agar tetap dapat mendatangkan wisatawan repeator. Kata Kunci: Minat Berkunjung Ulang, Revisit Intention, Kota Bandung, Destination Image, Motives
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > S1 Studi Industri Perjalanan |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2022 07:15 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 01:29 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/117 |
Actions (login required)
View Item |