Lalu, Syafril Rahmadio (2020) STRATEGI PT. PELINDO III NUSA TENGGARA BARAT DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN PELABUHAN KAPAL PESIAR : STUDI KASUS PELABUHAN GILI MAS. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
S_201621143_BAB I.pdf Download (32kB) |
|
Text
S_201621143_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
Text
S_201621143_BAB III.pdf Download (25kB) |
|
Text
S_201621143_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) |
|
Text
S_201621143_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
S_201621143_COVER.pdf Download (278kB) |
|
Text
S_201621143_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
S_201621143_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
Abstract
PT. Pelindo III Nusa Tenggara Barat merupakan perusahaan dengan menyediakan jasa kepelabuhanan yang terdiri dari layanan kapal penumpang, kapal peti kemas hingga pelayanan kapal pesiar, di mana dalam hal ini PT. Pelindo III NTB memberikan perilaku khusus bagi kapal pesiar yang datang yaitu dengan membangun pelabuhan Gili Mas yang dikhususkan untuk bersandar nya kapal pesiar dengan segala jenis ukuran, untuk itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pengambangan pelabuhan Gili Mas yang di kelola oleh PT. Pelindo III NTB, untuk mengetahui strategi tersebut peneliti menggunakan analisis SWOT (Strrenght, Weakness, Opportunity, dan Threat) dan analisis PEST (Political, Economic, Social, Technology) di mana akan dibagi 2 bagian internal (SW) dan juga eksternal (OT, PEST). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, partisipan dalam penelitian ini dari pihak PT. Pelindo III NTB dan Dinas Perhubungan NTB, kemudian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi serta dokumen saat berada di lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan secara internal perusahaan masih memiliki beberapa kekurangan dan juga kelebihan bagi wisatawan dan kapal pesiar yang datang, di mana kekurangan tersebut terlihat dari segi proyek fasilitas yang lamban dan kelebihan yang ada adalah fasilitas yang ada sudah menggunakan standar internasional dunia, sedangkan dari segi external perusahaan terlihat bahwa dengan adanya pandemi covid-19 mengakibatkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat serta pelaku wisata lainnya menjadi mati karena pembekuan layanan kapal pesiar yang dikeluarkan oleh asosiasi kapal pesiar dunia yaitu CLIA, serta terdapat kurang sadarnya masyarakat sekitar pelabuhan akan datang nya wisatawan kapal pesiar ini. Kata kunci : strategi perusahaan, analisis SWOT, analisis PEST, PT. Pelindo III, Pelabuhan Gili Mas.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > S1 Studi Industri Perjalanan |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 21 Aug 2022 07:19 |
Last Modified: | 21 Aug 2022 07:19 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/120 |
Actions (login required)
View Item |