Mastur, Ilyas Saeful Manaf (2022) ANALISIS PIUTANG DI SHERATON MUSTIKA YOGYAKARTA RESORT DAN SPA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201822694_BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
PA_201822694_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
Text
PA_201822694_BAB III.pdf Download (426kB) |
|
Text
PA_201822694_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (505kB) |
|
Text
PA_201822694_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
Text
PA_201822694_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
PA_201822694_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
PA_201822694_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
Abstract
Fasilitas kredit diberikan oleh hotel sebagai upaya dalam memberikan pilihan pembayaran kepada client disamping pembayaran secara cash. Namun hal ini dapat menjadi resiko apabila terjadi keterlambatan debitur dalam membayar kredit sehingga terjadi piutang tidak tertagih yang akan mempengaruhi cashflow hotel. Keterlambatan pembayaran piutang inilah yang terjadi di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort dan Spa, lokasi penelitian yang dilakukan penulis. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat rata-rata piutang, turnover piutang, average collection period, serta rasio tunggakan yang terjadi di hotel. Metode penelitian yang di lakukan oleh penulis dengan melakukan analisis kuantitatif deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi pustaka dan studi dokumentasi. Hasil analisis terhadap piutang di Sheraton Mustika Yogyakarta Resort dan Spa memperlihatkan bahwa nilai rata-rata piutang selama tiga tahun terakhir menurun, turnover piutang yang terjadi 6,18 kali lebih lambat dari yang seharusnya, dengan average collection period piutang berlangsung 33 hari lebih lama dari yang seharusnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan penulis pada Sheraton Mustika Yogyakarta Resort dan Spa menghasilkan bahwa kondisi piutang masih kurang baik yang dibuktikan dengan hasil daripada pengolahan data yang jauh dari standar yang diterapkan hotel. Kata Kunci: Piutang, Rata -Rata Piutang, Turnover Piutang, Average Collection Period, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort dan Spa.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Piutang, Rata -Rata Piutang, Turnover Piutang, Average Collection Period, Sheraton Mustika Yogyakarta Resort dan Spa. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Jurusan Hospitality > D4 Administrasi Hotel |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 07:42 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 05:25 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1271 |
Actions (login required)
View Item |