PUSH AND PULL FACTOR TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KE LEMBANG PARK AND ZOO, KABUPATEN BANDUNG BARAT

Nur, Gilang K (2022) PUSH AND PULL FACTOR TERHADAP KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA KE LEMBANG PARK AND ZOO, KABUPATEN BANDUNG BARAT. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201721777_BAB I.pdf

Download (122kB)
[img] Text
PA_201721777_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
PA_201721777_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201721777_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
PA_201721777_BAB Vdocx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
PA_201721777_COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PA_201721777_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57MB)
[img] Text
PA_201721777_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

Wisatawan nusantara sangat berpotensi besar untuk dijadikan sebagai target pasar karena saat ini jumlahnya sedang mendominasi pasar. Penelitian ini membahas mengenai Push and Pull Factor di kawasan Lembang Park and Zoo yang pada saat ini sedang menjadi salah satu objek wisata populer yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat. Didalam objek wisata dengan luas yang mencapai 25 Ha tersebut terdapat berbagai daya tarik, mulai dari wisata alam dan edukasinya yang dihuni oleh berbagai macam hewan seperti macan, harimau, gajah dan lainnya, wisata keluarga yang berupa wahana anak seperti playground, water kiddy zone serta kereta mini, dan dilengkapi dengan berbagai spot foto yang menarik. Berdasarkan hal tersebut diatas, wisatawan nusantara sangat berpotensi besar untuk dijadikan sebagai target pasar. Hasil observasi yang sudah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa pengunjung yang datang ke Lembang Park and Zoo sebagian besar merupakan wisatawan nusantara. Maka dari itu, dibutuhkan penelitian mengenai push and pull factor terhadap kunjungan wisatawan nusantara ke Lembang Park and Zoo agar pengelola dapat mengetahui needs & wants (keinginan dan kebutuhan) wisatawan nusantara selama berada di objek wisata tersebut agar dapat direalisasikan serta dikembangkan sesuai dengan keinginan wisatawan. Penelitian ini menggunakan teori push factor dari Cromptom (1979) yang dikutip oleh Yoon dan Uysal (2005). Faktor pendorong yang memotivasi wisatawan untuk mengunjungi suatu objek wisata terbagi menjadi 7, yakni desire for escape, rest and relaxation, prestige, health and fitness, adventure and social interaction, family togetherness, dan excitement. Sementara itu, teori pull factor yang digunakan bersumber dari Jang dan Wu (2006), terdiri dari kebersihan dan keamanan, fasilitas dan biaya serta pemandangan alam dan nilai sejarah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen berupa kuesioner dengan nilai validitas r hitung melebihi nilai r tabel, koefisien reliabilitas alpha sebesar 0,905 dan telah diisi oleh 649 orang responden dimana jumlah tersebut memiliki kualitas sampel sangat baik / very good berdasarkan ukuran tabel heuristic (Siddiqui, 2013) serta menggunakan skala likert sebagai alat analisis datanya. Penelitian ini menyatakan bahwa indikator dari push factor yang terpenuhi terdiri dari pull factor terpenuhi seluruhnya, yakni kebersihan dan keamanan, fasilitas dan biaya serta pemandangan alam dan nilai sejarah. Hasil dari penelitian ini berupa informasi dan rekomendasi mengenai push and pull factor terhadap kunjungan wisatawan nusantara ke Lembang Park and Zoo, Kabupaten Bandung Barat untuk ditindak lanjuti oleh pengelola. Kata Kunci: Motivasi Wisatawan, Push Factor, Pull Factor, Deskriptif, Lembang Park and Zoo

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Wisatawan, Push Factor, Pull Factor, Deskriptif, Lembang Park and Zoo
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 20 Dec 2022 07:37
Last Modified: 20 Dec 2022 07:37
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/1630

Actions (login required)

View Item View Item