PENGARUH PENGALAMAN WISATAWAN DIGITAL NOMAD TERHADAP LOYALITAS DESTINASI DI CANGGU, KABUPATEN BADUNG, BALI

Dhyana, Hanifianti Handizar (2020) PENGARUH PENGALAMAN WISATAWAN DIGITAL NOMAD TERHADAP LOYALITAS DESTINASI DI CANGGU, KABUPATEN BADUNG, BALI. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201621057_BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] Text
S_201621057_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
S_201621057_BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
S_201621057_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
S_201621057_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
S_201621057_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
S_201621057_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
S_201621057_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Nomadic Tourism mengisi celah antara strategi meningkatkan wisatawan dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang memungkinkan bagi setiap orang untuk hidup dan bekerja di manapun selama tersambung dengan koneksi internet. Orang yang memproses gaya hidup dengan kegiatan profesional dengan gaya hidup bermigrasi dengan mobilitas yang tinggi tersebut adalah Digital Nomad. Di mana dalam terminologi Nomadic Tourism, Digital Nomad juga merupakan salah satu tipe dari Nomadic Tourist. Sehingga kehadiran digital nomad tidak hanya relevan dalam berkembangnya living and working environment, namun juga relevan dalam tren pariwisata. Kehadiran dari para Digital Nomad ini perlu untuk disoroti karena Indonesia, khususnya Canggu, Bali menjadi destinasi pariwisata nomor satu pilihan para Digital Nomad. Walaupun demikian, destination loyalty di Canggu dari perspektif para digital nomad terindikasi rendah, maka dari itu perlu untuk dilihat apakah penglaman para digital nomad mempengaruhi hal ini dikarenakan terdapat penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa pengalaman wisatawan merupakan faktor krusial yang mempengaruhi loyalitas destinasi, selain itu digital nomad memiliki karakteristik untuk memprioritaskan pengalaman. Tujuan dari penelitian ini adalah Menampilkan pengalaman wisatawan, loyalitas destinasi digital nomad, serta pengaruh pengalaman wisatawan digital nomad terhadap loyalitas destinasi di Canggu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pengalaman wisatawan digital nomad serta loyalitas destinasi mereka berada dalam kategori yang baik, serta terdapat pengaruh yang signifikan antara pengalaman wisatawan digital nomad dengan loyalitas destinasi di Canggu secara simultan. Langkah yang dapat dilakukan oleh destinasi adalah menggali dan meningkatkan nilai pembeda di Canggu. Kata Kunci: Nomadic Tourism, Digital Nomad, Pengalaman Wisatawan, Memorable Tourism Experience, Loyalitas Destinasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Kepariwisataan > S1 Studi Destinasi Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:40
Last Modified: 29 Nov 2022 02:16
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/19

Actions (login required)

View Item View Item