Junita, Putri Br Karo (2023) EVALUASI PAKET WISATA SUKABUMI HILL RETREAT DI KLANA, JAKARTA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923327_BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Text
PA_201923327_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
|
Text
PA_201923327_BAB III.pdf Download (170kB) |
|
Text
PA_201923327_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (364kB) |
|
Text
PA_201923327_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
PA_201923327_COVER.pdf Download (745kB) |
|
Text
PA_201923327_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
PA_201923327_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
Abstract
Sebagai inovasi dalam industri setelah menurunnya kondisi pariwisata pasca pandemi, Kemenparekraf tengah mengembangkan potensi wellness tourism yang menjadi tren di kalangan masyarakat. Hal tersebut mendorong biro perjalanan wisata untuk menyusun paket wisata dengan tema wellness yaitu kegiatan yang fokus pada kesehatan dan kebugaran tubuh serta jasmani. Salah satunya adalah KLANA, sebuah biro perjalanan wisata yang fokus pada experience dalam kebudayaan, petualangan, alam, spiritual, serta wellness. Paket wisata Sukabumi Hill Retreat adalah sebuah paket wisata wellness. Awalnya paket wisata ini adalah yang paling diminati di KLANA pada tahun 2021, namun mengalami penurunan pada tahun 2022. Selain itu, terdapat keluhan terhadap komponen penginapan dalam paket wisata. Maka dari itu untuk melihat penilaian peserta dan meningkatkan kualitas produk diperlukan evaluasi dengan dimensi paket wisata menurut Xia (dalam Khanan, 2014), yaitu sequence of attraction, schedule, dan target markets. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yang menghasilkan 136 responden. Didapatkan hasil bahwa ketiga dimensi yaitu sequence of attractions, schedule, dan target markets pada paket Wisata Sukabumi Hill Retreat di KLANA sudah baik. Namun, penulis memberikan rekomendasi yaitu pada dimensi sequence of attractions untuk memperhatikan urutan kunjungan daya tarik, hubungan spasial daya tarik, preferensi pengunjung, dan disusun berdasarkan hierarki dengan kesesuaian dengan tema, pada dimensi schedule sudah baik sehingga perlu mempertahankan kualitasnya, serta melakukan riset pasar dan pra-survey untuk dimensi target markets. Penulis juga memberikan rekomendasi itinerary bagi KLANA untuk produk wellness lainnya. Kata Kunci: Paket Wisata, Evaluasi, Sequence of Attractions, Schedule, Target Markets, Wellness
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Paket Wisata, Evaluasi, Sequence of Attractions, Schedule, Target Markets, Wellness |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 07:04 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 07:04 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2415 |
Actions (login required)
View Item |