PENERAPAN SUSTAINABLE TOUR OPERATOR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DI INDUSTRI PERJALANAN: STUDI KASUS PT DESTINATION ASIA, BALI

Nova, Novita Silalahi (2023) PENERAPAN SUSTAINABLE TOUR OPERATOR DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING DI INDUSTRI PERJALANAN: STUDI KASUS PT DESTINATION ASIA, BALI. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_2022305028_BAB I.pdf

Download (535kB)
[img] Text
PA_2022305028_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_2022305028_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_2022305028_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
PA_2022305028_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_2022305028_COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
PA_2022305028_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_2022305028_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Pandemi COVID 19 memberikan dampak yang sangat besar terhadap ekonomi dan juga industri pariwisata Indonesia. Mengacu kepada Arah Kebijakan dan Program Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tahun 2023 yang disusun oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang mana salah satu fokus adalah pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) adalah memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar dan menjadi sangat penting untuk diikuti oleh pemangku kepentingan bisnis, termasuk pelaku bisnis perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan kriteria sustainable tour operator di PT Destination Asia Bali dalam meningkatkan keunggulan bersaing di industri perjalanan. Dalam penelitian ini, penulis memakai metode kualitatif deskriptif. Wawancara, dokumentasi dan tinjauan pustaka sebagai teknik pengumpulan data dan menggunakan alat kumpul data pedoman wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa PT Destination Asia sebagai tour operator yang sudah beroperasi sejak tahun 1996 di sebelas negara dan tujuh belas kantor operasional memiliki keunggulan bersaing karena menerapkan sepuluh kriteria Travelife sustainable tour operator dalam kegiatan operasional bisnis dan juga saat berinteraksi dengan pelanggan, pemangku kepentingan dan pemasok serta berkontribusi pada masyarakat dan pariwisata secara berkelanjutan. Berdasarkan proses penelitian dan analisis yang dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa secara keseluruhan, sistem manajemen berkelanjutan PT Destination Asia telah berhasil meningkatkan keterlibatan perusahaan dalam keberlanjutan dengan memberikan sikap yang kuat untuk mengatasi tantangan dalam pertumbuhan industri pariwisata yang pesat. PT Destination Asia dapat mempertimbangkan rekomendasi bermitra dengan desa maju dan mandiri untuk memperluas dampak positif penerapan kriteria sustainable tour operator dan menjadi role model bagi tour operator yang ingin menerapkan kriteria sustainable tour operator. Kata Kunci: GSTC, Sustainable Tourism, Travelife, Sustainable Tour Operator, Sustainable Certification for Tour Operator, Travel industry, Travelife criteria, Competitive Advantage.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: GSTC, Sustainable Tourism, Travelife, Sustainable Tour Operator, Sustainable Certification for Tour Operator, Travel industry, Travelife criteria, Competitive Advantage.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:04
Last Modified: 27 Feb 2024 04:04
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2427

Actions (login required)

View Item View Item