PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DARI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA TERHADAP MINAT PEMBELIAN KAMAR DI THE JAYAKARTA SUITES KOMODO FLORES

Chrysilla, Giovani Setiawan (2023) PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DARI ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TRAVELOKA TERHADAP MINAT PEMBELIAN KAMAR DI THE JAYAKARTA SUITES KOMODO FLORES. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_20123344_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_20123344_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
PA_20123344_BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_20123344_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)
[img] Text
PA_20123344_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] Text
PA_201923344_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_20123344_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
PA_201923344_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Pada era pemasaran 5.0 atau “next tech” yang merupakan kondisi dimana sekelompok teknologi yang bertujuan untuk meniru kemampuan pemasaran manusia. Kemajuan teknologi saat ini membuat hampir seluruh hotel di dunia melakukan pemasaran produk secara digital, salah satunya dengan menggunakan online travel agent. Salah satu bauran komunikasi pemasaran adalah dari mulut ke mulut atau word of mouth. Dengan online travel agent sebagai media penyebaran mulut ke mulut secara online atau yang lebih dikenal sebagai electronic word of mouth (E-WOM). Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaplikasian E-WOM dari online travel agent Traveloka, minat pembelian kamar hotel, serta pengaruh E-WOM dari Traveloka terhadap minat pembelian kamar hotel. Penelitian ini dilakukan di hotel The Jayakarta Suites Komodo Flores dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, literatur, dan kuesioner yang peneliti sebarkan kepada 100 responden dengan kriteria tertentu, hasil penelitian ini memperlihatkan electronic word of mouth (E-WOM) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat pembelian kamar di The Jayakarta Suites Komodo Flores sebesar 56,1% yang dimana sisanya 44,9% dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti seperti merek, kemasan atau tampilan, dan promosi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti di The Jayakarta Suites Komodo Flores, bahwa pengaruh E-WOM dari Traveloka terhadap minat pembelian kamar cukup baik, adapun beberapa hal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan minat pembelian kamar di hotel.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: electronic word of mouth (E-WOM), minat pembelian konsumen, online travel agent, traveloka
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Hospitality > D4 Pengelolaan Perhohtelan
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:30
Last Modified: 29 Feb 2024 03:30
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2451

Actions (login required)

View Item View Item