FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PAMERAN OLEH EXHIBITOR BABY & KIDS EXPO 2020

Jessica, Deborah (2020) FAKTOR-FAKTOR PEMILIHAN PAMERAN OLEH EXHIBITOR BABY & KIDS EXPO 2020. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201621188_BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
PA_201621188_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] Text
PA_201621188_BAB III.pdf

Download (98kB)
[img] Text
PA_201621188_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
PA_201621188_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
PA_201621188_COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
PA_201621188_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201621188_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB)

Abstract

Pada penyelenggaraan sebuah pameran, salah satu target penting yang ingin dicapai yaitu meningkatkan jumlah exhibitor pameran pada setiap tahun penyelenggaraannya (Huang, 2015). Hal yang sama menjadi target Baby & Kids Expo, sehingga pihak penyelenggara perlu untuk mengidentifikasi faktor pemilihan pameran yang dianggap penting oleh exhibitor untuk dapat dijadikan acuan dalam upaya meningkatkan jumlah exhibitor yang berpartisipasi. Pada penelitian ini menggunakan acuan teori dari Nayak (2019) yang menyatakan terdapat empat aspek pemilihan pameran yaitu perceived show value, measurable costs, timing dan show attractions. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan mengumpulkan sebanyak 50 kuesioner melalui online form (Google Formulir), melakukan wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor untuk menemukan faktor-faktor pemilihan pameran menurut para exhibitor Baby & Kids Expo 2020. Hasil penelitian yang telah diolah menggunakan teknik analisis faktor menghasilkan 5 faktor pemilihan pameran. Dari kelima faktor yang terbentuk, faktor pertama (F1) yang terdiri dari variabel „biaya sewa area/booth pameran‟, „kemudahan akses menuju venue’, „kesesuaian tanggal dan bulan pelaksanaan pameran dengan jadwal exhibitor‟, „kondisi keamanan area venue dan sekitarnya‟, „kapasitas venue‟ serta „ketersediaan fasilitas komunikasi dan internet‟ yang mayoritas variabel penyusunnya berasal dari aspek perceived show value, menjadi faktor yang sangat diperhatikan oleh exhibitor. Sehingga penyelenggara perlu menjadikan faktor tersebut sebagai fokus utama dalam upaya meningkatkan jumlah exhibitor pada penyelenggaraan pameran selanjutnya. Kata kunci: faktor pemilihan pameran, exhibitor Baby & Kids Expo

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV182-182.5 Recreational Areas and Facilities
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Konvensi Dan Event
Depositing User: Anggia Quamella
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:55
Last Modified: 29 Nov 2022 01:40
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item