KINERJA DELIVERY SERVICE DI KANTOR CABANG UTAMA JNE BANDUNG SELAMA RAMADAN

Salsadilla, Aisyah Nur (2024) KINERJA DELIVERY SERVICE DI KANTOR CABANG UTAMA JNE BANDUNG SELAMA RAMADAN. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_2020305025_BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
PA_2020305025_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] Text
PA_2020305025_BAB III.pdf

Download (227kB)
[img] Text
PA_2020305025_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
PA_2020305025_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text
PA_2020305025_COVER.pdf

Download (559kB)
[img] Text
PA_2020305025_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PA_2020305025_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)

Abstract

Masa PPKM mendorong masyarakat untuk mengunjungi marketplace, platform e- commerce, hingga online shop dan menghabiskan sekitar 4,7 jam per hari untuk scrolling beragam varian produk hingga melakukan transaksi. Ketika Ramadan dan Idul Fitri berlangsung, aktivitas belanja secara online menjadi tren dan mendorong tingginya angka pengiriman barang. Namun, hal tersebut kurang diimbangi dengan kinerja delivery service di Kantor Cabang Utama Bandung, yang selama Ramadan 2024 mendapatkan cukup banyak penilaian buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap dan menganalisis bagaimana kinerja delivery service yang dilakukan oleh Kantor Cabang Utama JNE Bandung selama Ramadan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan teknik sampling yang digunakan berupa accidental sampling. Sampel yang dituju adalah konsumen yang pernah menggunakan layanan pengiriman melalui Kantor Cabang Utama JNE Bandung selama Ramadan yang berjumlah 300 responden dan dinilai dengan kuesioner serta wawancara singkat. Hasil penelitian menyatakan bahwa Kantor Cabang Utama JNE Bandung telah menerapkan kinerja delivery service yang baik, dengan perolehan rata-rata sebesar 3,75 dan diwakilkan oleh banyak konsumen yang menyatakan setuju terhadap setiap dimensi yang diteliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun masyarakat memiliki kebiasaan berbelanja secara online dan mengirimkan barang-barang kebutuhan selama Ramadan yang berakibat pada peningkatan volume pengiriman barang, tidak membuat kinerja delivery service yang dilakukan oleh Kantor Cabang Utama JNE Bandung menjadi menurun. Rekomendasi dari penelitian ini untuk perusahaan adalah melakukan optimalisasi rute pengiriman menggunakan data historis, data real-time, hingga analisis prediktif untuk mengidentifikasi pola lalu lintas dan dapat melakukan pengiriman pada waktu yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Delivery Service, Pengiriman Barang, Ramadan, Kantor Cabang Utama JNE Bandung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 06 Mar 2025 04:40
Last Modified: 06 Mar 2025 04:40
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2830

Actions (login required)

View Item View Item