Theresa, Irena Amara. S (2024) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT(FOMO) TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN KE KOTA BANDUNG UNTUK BERWISATA KULINER PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @DUNIAKULINERBDG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020305020_BAB I.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_BAB III.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
![]() |
Text
PA_2020305020_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (619kB) |
Abstract
Kota Bandung dikenal sebagai destinasi wisata kuliner terkemuka, dan sering viral di media sosial, salah satunya melalui akun Instagram @duniakulinerbdg. Akun tersebut aktif membagikan konten pengalaman wisata kuliner di Kota Bandung, yang dapat memicu perasaan Fear of Missing Out (FOMO) pada pengikutnya. Perasaan FOMO menjadi sebuah keinginan untuk meniru kegiatan yang dilakukan oleh orang lain tanpa pertimbangan, dan mempengaruhi minatnya untuk berkunjung ke Kota Bandung dan berwisata kuliner, untuk mendapatkan pengalaman yang sama. Namun, intensitas FOMO pada setiap orang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh FOMO terhadap minat berkunjung wisatawan ke Kota Bandung untuk berwisata kuliner pada pengikut akun Instagram @duniakulinerbdg. FOMO sendiri terdiri dari dimensi personal FOMO dan social FOMO. Minat berkunjung wisatawan terdiri dari indikator minat transaksional, referensial, preferensial, dan eksploratif. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan secara daring dengan teknik purposive sampling kepada 270 pengikut akun Instagram @duniakulinerbdg yang domisili asalnya di luar Kota Bandung. Selain itu, teknik studi pustaka dan dokumentasi juga diterapkan. Kemudian, analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif FOMO terhadap minat berkunjung wisatawan ke Kota Bandung untuk berwisata kuliner sebesar 16,1% dengan persamaan linear sederhana sebagai berikut Y = 28,251 + 0,316X. Pengaruh FOMO masih sangat lemah sehingga diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan perasaan FOMO guna mendorong minat berkunjung wisatawan ke Kota Bandung untuk berwisata kuliner.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FOMO, Minat Berkunjung Wisatawan, Wisata Kuliner, Kota Bandung, Instagram |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 05:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 05:24 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2835 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |