Nadhif, Ghani Razan (2024) STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENYELENGGARAAN EVENT OLAHRAGA DI STADION UTAMA GELORA BUNG KARNO SENAYAN JAKARTA. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
![]() |
Text
PA_2020306024_BAB I.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_BAB III.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
PA_2020306024_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
Abstract
Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno menjadi tempat untuk penyelenggaraan segala jenis event, namun untuk saat ini Stadion Utama lebih banyak untuk menerima ataupun menyelenggarakan acara yang bersifat non olahraga seperti konser dan sempat mendapat teguran yang dikarenakan penyelenggaraan konser terlalu banyak diselenggarakan di stadion utama dibandingkan olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan strategi pemasaran untuk meningkatkan penyelenggaraan event olahraga di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan event marketing tiga dimensi (Entertainment, Excitement, Enterprise) Adapun fokus dari permasalahan yang ingin diteliti oleh penulis adalah penerapan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak pengelola Gelora Bung Karno berdasarkan 5P dari event marketing. Dengan cara mendapatkan data yaitu melakukan wawancara terhadap 3 narasumber yang terdiri dari kepala divisi pemasaran dan penjualan, kepala analis pelayanan, dan kepala public relation. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pihak pengelola memperbolehkan setiap event yang mengandung memajukan pariwisata pada Stadion Utama, serta pihak pengelola telah melakukan penerapan pemasaran dengan cukup baik terkait event marketing untuk meningkatkan penyelenggaraan event olahraga di Stadion Utama. Namun masih terdapat banyak hal yang perlu ditingkatkan dari sisi event marketing yaitu harga, saluran pemasaran, serta kehumasan untuk memaksimalkan serta menarik penyelenggaraan olahraga agar diadakan pada Stadion Utama Gelora Bung Karno dan memperketat lagi event yang diperbolehkan untuk diadakan pada Stadion Utama untuk mengurangi kerusakan rumput.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Event marketing, Event olahraga |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 16 May 2025 08:02 |
Last Modified: | 16 May 2025 08:02 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |