PENGARUH PHYSICAL ENVIRONMENT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI RESTORAN CANOLI BANDUNG

Ratna, Sari Pratiwi (2020) PENGARUH PHYSICAL ENVIRONMENT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI RESTORAN CANOLI BANDUNG. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201621246_BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] Text
S_201621246_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
S_201621246_BAB III.pdf

Download (60kB)
[img] Text
S_201621246_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
S_201621246_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
S_201621246_COVER.pdf

Download (294kB)
[img] Text
S_201621246_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
S_201621246_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Kualitas servis (service quality; SERVQUAL) merupakan faktor terpenting dalam sebuah tempat pelayanan (hospitality). Salah satu dimensi utama dari SERVQUAL adalah lingkungan fisik suatu fasilitas servis (tangible). Lingkungan fisik (physical environment) suatu tempat hospitality diketahui memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap kualitas keseluruhan suatu tempat pelayanan. Sehubungan dengan berkembangnya usaha restoran dan semakin besarnya kemampuan daya beli masyarakat, hakikat restoran tidak lagi hanya menjadi tempat untuk mencari makanan saja. Restoran kini memiliki peran non-fungsional sebagai tempat untuk merasakan estetika dan memberikan pengalaman tersendiri bagi konsumen. Salah satu faktor yang memeranguhi peran non-fungsional ini adalah physical environment suatu restoran, dimana physical environment diketahui memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen. Restoran Canoli Bandung adalah salah satu restoran yang menggunakan desain interior serta physical environment restorannya sebagai salah satu daya tarik utama untuk menarik minat beli konsumen, penerapan desain interiornya juga sangat beragam. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh physical environment di Restoran Canoli Bandung terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data survei. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara physical environment terhadap minat beli konsumen di Restoran Canoli Bandung dengan besar pengaruh sebesar 76.5%. Sementara itu, physical environment di Restoran Canoli Bandung sendiri dibentuk oleh social factors berupa aspek-aspek yang berkaitan dengan karyawan, suasana restoran (atmospherics) dan desain interior serta estetika restoran (facility aesthetics/interior design). Penelitian ini menemukan bahwa upaya Restoran Canoli Bandung dalam menggunakan desain interior untuk menarik minat pelanggan membuahkan hasil yang baik karena secara statistika telah terbukti bahwa salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam memengaruhi minat beli konsumen adalah aspek berkaitan dengan desain interior.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-9465.5 Hospitality Industry, Hotel and Restaurants
Divisions: Jurusan Perjalanan > S1 Studi Akomodasi Katering
Depositing User: Fakih Zulfa
Date Deposited: 29 Aug 2022 00:54
Last Modified: 30 Nov 2022 00:49
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/434

Actions (login required)

View Item View Item