PENGEMBANGAN PRODUK WISATA PENDAKIAN GUNUNG PRAU KABUPATEN WONOSOBO DI ERA NEW NORMAL

Jovand, Andira S.F (2021) PENGEMBANGAN PRODUK WISATA PENDAKIAN GUNUNG PRAU KABUPATEN WONOSOBO DI ERA NEW NORMAL. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721826_BAB I.pdf

Download (33kB)
[img] Text
S_201721826_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] Text
S_201721826_BAB III.pdf

Download (63kB)
[img] Text
S_201721826_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
S_201721826_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
S_201721826_COVER.pdf

Download (299kB)
[img] Text
S_201721826_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text
S_201721826_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Tujuan dari dikembangkanya sektor pariwisataan di Indonesia adalah untuk meningkatkan pendapatan devisa, pendapatan negara dan masyarakat secara umum, serta membuka lapangan kerja dan mendorong kegiatan dari industri-industri penunjang kegiatan pariwisata. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi dan daya tarik pariwisata yang berbeda dan unik adalah Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah juga memiliki ketersediaan industri-industri yang menunjang kegiatan pariwisata, seperti sarana transportasi, akomodasi serta sarana pelengkap lainya. ada satu tempat yang selalu menjadi tujuan di Jawa Tengah, bahkan menjadi destinasi dengan pesona sunrise yang terbaik, destinasi tersebut adalah Gunung Prau. Namun dalam perkembanganya sebagai produk wisata, pengelola pendakian Gunung Prau harus memperhatikan 4 aspek, Menurut Cooper, 1993 dalam Rai Utama 2016 menyebutkan ada empat aspek (4A) dalam menawarkan produk pariwisata yang sangat penting, yaitu : Attraction, Accesable, Amenities dan Ancillary. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi untuk mengembangkan produk wisata pendakian Gunung Prau. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan hasil wawancara produk wisata pendakian Gunung Prau memiliki berbagai kekuatan dan kelemahan dari keempat aspek tersebut. Kepada pihak pengelola jalur pendakian Gunung Prau diharapkan dapat mengatasi kekurangan-kekurangan seperti masalah pada kualitas jalan dan dapat memanfaatkan peluang seperti Gunung Prau yang terkenal dikalangan influencer. Kata kunci : Produk Wisata, Attraction, Accesable, Amenities dan Ancillary

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Perjalanan > S1 Studi Industri Perjalanan
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:23
Last Modified: 28 Nov 2022 01:11
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item