Elena, Kartika Sari (2022) PENGARUH DESTINATION IMAGE DAN ALTRUISTIC VALUE TERHADAP BUYING DECISION PROCESS VOLUNTOURISM PADA VOLUNTOURIST DI JAWA BARAT. S2 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
T_201923852_BAB I.pdf Download (992kB) |
|
Text
T_201923852_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (627kB) |
|
Text
T_201923852_BAB III.pdf Download (212kB) |
|
Text
T_201923852_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
Text
T_201923852_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
|
Text
T_201923852_COVER.pdf Download (986kB) |
|
Text
T_201923852_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
T_201923852_JURNAL IN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Salah satu tren wisata yang popular di kalangan generasi muda adalah volunteer tourism atau yang dikenal dengan voluntourism. Dimana hal ini didukung oleh data jumlah relawan terbanyak yang berasal dari Indonesia dibandingkan dengan relawan di seluruh dunia serta terdapat prediksi meningkatnya tren voluntourism di kalangan generasi muda, yang utamanya diikuti oleh voluntourist dari penduduk generasi milenial Jawa Barat. Dalam upaya mendukung Sustainable Development Goals dan manajemen destinasi yang terbukti efektif berperan penting sebagai bahan pertimbangan dalam aspek masyarakat dan komunitas lokal, destinasi wisata perlu memberikan perhatian lebih terutama pada destination image. Selain itu, altruistic value dari voluntourist sangat penting untuk dipahami dalam peningkatan kualitas pariwisata. Sehingga pada penelitian ini destination image sebagai variabel bebas satu (X1) dan altruistic value sebagai variabel bebas dua (X2), kemudian untuk variabel terikat (Y) merupakan buying decision process. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik nonprobablity sampling dengan jumlah sample sebanyak 250 responden voluntourist yang telah melakukan voluntourism dari Jawa Barat. Teknik analisis menggunakan analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menampilkan data bahwa destination image dan altruistic value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap buying decision process voluntourism pada voluntourist di Jawa Barat. Faktor yang memiliki pengaruh kuat dalam buying decision process adalah variabel altruistic value, sedangkan faktor yang memiliki pengaruh yang lebih lemah adalah destination image. Kata kunci : voluntourism, destination image, altruistic value, buying decision process
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Magister Manajemen Bidang Pariwisata |
Depositing User: | Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 01:16 |
Last Modified: | 16 Nov 2022 04:20 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/690 |
Actions (login required)
View Item |