Josephine, Kasih (2021) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI PAKET WISATA DI TRAVEL SOCIETY. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201721905_BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text
PA_201721905_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
PA_201721905_BAB III.pdf Download (107kB) |
|
Text
PA_201721905_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
Text
PA_201721905_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
PA_201721905_COVER.pdf Download (892kB) |
|
Text
PA_201721905_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
PA_201721905_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
Abstract
Penggunaan media sosial terutama Instagram sebagai media untuk melakukan kegiatan pemasaran banyak dilakukan oleh perusahaan yang bergerak dibidang perjalanan salah satunya adalah Travel Society. Travel Society menggunakan Instagram sejak tahun 2016 dengan nama pengguna @travelsociety.co tetapi setelah dilakukan perhitungan engagement rate ditemukan bahwa engagement rate Instagram @travelsociety.co memiliki angka dibawah rata – rata maka diduga kegiatan promosi yang dilakukan tidak efektif, sehingga dilakukan penelitian dengan menggunakan EPIC Model. EPIC Model adalah alat pengukuran efektivitas iklan atau promosi yang dikembangkan AC.Nielsen dengan mengukur melalui empat dimensi, yaitu dimensi empati, persuasi, dampak dan komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil menggunakan metode simple random sampling dan rumus pengambilan sample krejcie dan morgan terhadap pengikut Instagram @travelsociety.co dengan jumlah sample yang didapat sebanyak 277 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner dan wawancara kepada Travel Society. Hasil penelitian diketahui bahwa Instagram @travelsociety.co sudah melakukan kegiatan promosi yang efektif namun belum maksimal dikarenakan masih memiliki angka engagement rate yang menurun. Maka rekomendasi yang diberikan oleh peneliti terhadap Instagram @travelsociety.co adalah untuk inisiatif untuk membalas komentar pengguna, unggahan foto yang tidak berulang, menggunggah foto atau video secara rutin, melakukan endorsement kepada artis, melengkapi informasi perusahaan dan lebih menonjolkan kelebihan dari paket wisata. Kata Kunci: Efektivitas, Pemasaran, Instagram, EPIC Model.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HF5410-5417.5 Marketing, Distribution of Product |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 07 Sep 2022 09:20 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 01:10 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/752 |
Actions (login required)
View Item |