MOTIVASI KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA DI DUSUN BAMBU

Rheyna, Tiara Wiyutama (2021) MOTIVASI KUNJUNGAN WISATAWAN NUSANTARA DI DUSUN BAMBU. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201721916_BAB I.pdf

Download (63kB)
[img] Text
PA_201721916_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
PA_201721916_BAB III.pdf

Download (113kB)
[img] Text
PA_201721916_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
PA_201721916_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
PA_201721916_COVER.pdf

Download (449kB)
[img] Text
PA_201721916_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img] Text
PA_201721916_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Motivasi kunjungan wisatawan atau biasa dikenal dengan motivasi perjalanan merupakan hal psikologis yang mendasari wisatawan untuk melakukan kegiatan berwisata. Motivasi perjalanan terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor penarik (Suwena dan Widyatmaja, 2017). Penelitian ini meneliti tentang motivasi kunjungan wisatawan nusantara di Dusun Bambu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa wisatawan terdorong untuk mengunjungi Dusun Bambu karena keinginan untuk melepaskan diri dari rutinitas yang padat dan dikarenakan keinginan untuk mendapatkan suasana yang segar. Wisatawan juga tertarik untuk mengunjungi Dusun Bambu karena pemandangan alam Dusun Bambu yang sangat indah. Terdapat indikator yang perlu ditingkatkan yaitu mengenai bertambahnya prestige atau gengsi dengan mengunjungi Dusun Bambu, tersedianya merchandise shop yang menarik, dan sebandingnya harga dan fasilitas yang diberikan oleh Dusun Bambu. Penelitian ini merekomendasikan pihak Dusun Bambu untuk bekerja sama dengan tur operator atau biro perjalanan wisata untuk mengembangkan paket wisata yang menarik bagi Dusun Bambu. Penelitian ini juga merekomendasikan agar pihak Dusun Bambu dapat menghadirkan tenant-tenant merchandise shop yang menarik dan mengikuti zaman. Kata Kunci: Motivasi Perjalanan, Faktor Pendorong, Faktor Penarik, Wisatawan.

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1-1860 Recreation, Leisure and Tourism
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Manajemen Pengaturan Perjalanan
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:07
Last Modified: 24 Nov 2022 04:11
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/774

Actions (login required)

View Item View Item