MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN KE KEBUN RAYA CIBODAS DI ERA NEW NORMAL

Andini, Diriganti (2021) MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN KE KEBUN RAYA CIBODAS DI ERA NEW NORMAL. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
S_201721818_BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
S_201721818_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
S_201721818_BAB III.pdf

Download (277kB)
[img] Text
S_201721818_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
S_201721818_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
S_201721818_COVER.pdf

Download (425kB)
[img] Text
S_201721818_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
S_201721818_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)

Abstract

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berkunjung manakah yang paling berpengaruh untuk wisatawan dalam melakukan kegiatan berwisata di Kebun raya Cibodas. Hal ini dilakukan demi membantu pihak Kebun Raya Cibodas dalam melakukan dan mengembangkan produk dan jasa yang tersedia di Kebun Raya Cibodas untuk kenyamanan dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung. Motivasi berkunjung wisatawan memiliki dua faktor pembentuk yaitu, faktor push dan faktor pull yang memiliki dimensi dan sub-dimensinya masing-masing. Pada faktor push memiliki dua dimensi yaitu dimensi internal yang dibagi menjadi tiga sub-dimensi yaitu Achivement, Knowledge/ Education, dan Sports dan dimensi emosional yang dibagi menjadi empat sub- dimensi yaitu Family and Togetherness, Escape, Exciting and Adventuring and Play. Faktor pull memiliki tiga dimensi antara lain adalah eksternal yang memiliki dua sub-dimensi yaitu Natural scenery, Information/Advertisement Destination, kognitif, memiliki satu sub-dimensi yaitu Wide space and Activites dan situasional yang memiliki satu dimensi yaitu Cleanliness and shopping. Dari ke sebelas dimensi tersebutlah yang menjadi penilaian peneliti yang nantinya dapat dipergunakan oleh pihak pengelola Kebun raya Cibodas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 110 dengan syarat wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Cibodas pada era new normal. Teknik pengumpulan yang peneliti lakukan yakin dengan cara penyebaran kuesioner melalui g-form. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor push lah yang paling berpengaruh dalam memotivasi wisatawan untuk berkunjung dan berwisata ke Kebun Raya Cibodas. Adapun beberapa indikator yang mendapatkan nilai rendah, dengan begitu maka pihak Kebun Raya Cibodas dapat lebih fokus dalam menjaga merawat dan melestarikan alam dan tumbuhan yang menjadi daya Tarik bagi Kebun Raya Cibodas itu sendiri. Kata Kunci: Era New Normal, Motivasi Berkunjung Wisatawan, Push Motivation, Pull Motivation

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Jurusan Perjalanan > S1 Studi Industri Perjalanan
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:44
Last Modified: 22 Nov 2022 07:37
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item