Shevina, Zahranida Aulia (2023) PENERAPAN RELATIONSHIP MARKETING DI PT. ATAP PROMOTION. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923308_BAB I.pdf Download (119kB) |
|
Text
PA_201923308_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
Text
PA_201923308_BAB III.pdf Download (197kB) |
|
Text
PA_201923308_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
Text
PA_201923308_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
|
Text
PA_201923308_COVER.pdf Download (301kB) |
|
Text
PA_201923308_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
PA_201923308_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan relationship marketing pada PT. ATAP PROMOTION. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kepercayaan, komitmen, komunikasi, kustomisasi, dan kepuasan pelanggan sebagai aspek yang relevan dalam membangun hubungan jangka panjang antara perusahaan dan pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan memainkan peran penting dalam membangun hubungan jangka panjang. Pelanggan yang percaya kepada perusahaan cenderung memiliki komitmen yang tinggi terhadap hubungan tersebut. Selain itu, komunikasi yang baik antara perusahaan dan pelanggan menjadi faktor kunci dalam menjaga hubungan yang harmonis. Penyesuaian atau kustomisasi produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan juga menjadi faktor yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian, beberapa rekomendasi dapat diajukan untuk PT. ATAP PROMOTION, perusahaan perlu terus membangun kepercayaan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang konsisten, transparansi, dan berkualitas tinggi., perusahaan harus menjaga komitmen terhadap pelanggan dengan mengembangkan program loyalitas dan memberikan manfaat yang berkelanjutan, perusahaan perlu meningkatkan komunikasi dua arah dengan pelanggan, baik melalui media sosial maupun interaksi langsung, untuk memahami kebutuhan dan harapan pelanggan dengan lebih baik, perusahaan harus mempertimbangkan kustomisasi produk atau layanan untuk mengakomodasi preferensi pelanggan secara lebih spesifik, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan mengimplementasikan rekomendasi tersebut, diharapkan PT. ATAP PROMOTION dapat memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan memperoleh keunggulan kompetitif di pasar. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman lebih mendalam tentang penerapan relationship marketing dan relevansinya dalam konteks perusahaan PT. ATAP PROMOTION, serta memberikan panduan bagi praktisi dan peneliti di bidang pemasaran dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran, Event Manaement, Human Relations, Relationship Marketing, Event Organizer |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara |
Depositing User: | Anggraeni Pratiwi |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 08:16 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 08:16 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2317 |
Actions (login required)
View Item |