Cindy, Chynthia Sipayung (2023) CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI PT CITRA BUANA CARGO. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
PA_201923316_BAB I.pdf Download (31kB) |
|
Text
PA_201923316_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
Text
PA_201923316_BAB III.pdf Download (90kB) |
|
Text
PA_201923316_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
PA_201923316_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
PA_201923316_COVER.pdf Download (934kB) |
|
Text
PA_201923316_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
PA_201923316_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
Abstract
Pasca pandemi Covid - 19 pun sektor logistik semakin meningkat permintaannya karena berkenaan dengan supply chain. Sektor logistik yang merupakan komponen dari rantai pemasok produk kebutuhan primer-sekunder masyarakat dan membantu perusahaan sektor riil mengenai pendistribusian barang sampai ke tangan pelanggan. Pada hal tersebut membuat persaingan jasa pengiriman logistik dan kargo semakin sengit. Badan Pusat Statistik (BPS), dan sektor pergudangan yang mengalami pertumbuhan 15,79% pada kuartal pertama dan 21,27% pada kuartal kedua di tahun 2022. Oleh karena itu, pertumbuhannya sejalan dengan perekonomian Indonesia yang diperkirakan tumbuh sebesar 2,6% (IMF, 2023). Perusahaan-perusahaan kargo melakukan strategi agar tidak kalah saing termasuk PT Citra Buana Cargo (CBC). Salah satu staregi dalam mempertahankan loyalitas pelanggan tersebut dikenal dengan Customer Relationship Management (CRM). Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah Metode Kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis SWOT untuk mengembangkan strategi yang sesuai untuk perkembangan perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggannya. Tiga konsep CRM dalam analisis ini yaitu CRM strategis, CRM operasional, dan CRM analitis. Pada penelitian ini, PT Citra Buana Cargo telah baik dalam penerapan CRM dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Namun, CBC belum efektif dalam pengelolaan Database pelanggan dan aktifitas promosi baik secara digital maupun secara langsung. Hasil analisis SWOT, CBC berada di posisi Kekuatan dan Peluang dimana CBC dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk perkembangan perusahaannya. Dalam hal tersebut, perusahaannya dapat mengembangkan sumber daya manusia dan konsisten dalam menjalin hubungan baik dengan para pelanggan sehingga CBC siap dalam menerima proyek yang lebih besar hingga melebarkan bisnisnya ke ranah internasional.
Item Type: | Thesis (D4) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Customer Relationship Management (CRM), Loyalitas Pelanggan, PT Citra Buana Cargo (CBC). |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata |
Depositing User: | M. Abdul Rosad |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 07:08 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 07:08 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2334 |
Actions (login required)
View Item |