PENGEMBANGAN KONTEN MARKETING INSTAGRAM RANCA UPAS

Dewi, Intan Kencana (2023) PENGEMBANGAN KONTEN MARKETING INSTAGRAM RANCA UPAS. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_201923264_BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
PA_201923264_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text
PA_201923264_BAB III.pdf

Download (705kB)
[img] Text
PA_201923264_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
PA_201923264_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923264_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PA_201923264_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
PA_201923264_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)

Abstract

Teknologi media sosial mempengaruhi perubahan perilaku wisatawan dalam berwisata. Pada januari 2023, instagram merupakan media sosial nomor 2 yang paling banyak digunakan. Dan tidak hanya digunakan untuk mengekspresikan diri saja, namun juga untuk keperluan berbisnis. Keberhasilan bisnis di sosial media dipengaruhi oleh social media marketing strategies (SMMSs) yang salah satu faktornya yaitu social content strategy. Ranca upas merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan instagram business sebagai media marketing-nya. Ranca upas merupakan destinasi wisata alam di Ciwiday, Kabupaten Bandung yang terkenal dengan camping ground dan penangkaran rusanya. Namun dalam melakukan marketing di instagram terdapat permasalahan yang ditemukan dalam aspek relevansi konten terhadap audiens yang ditunjukan oleh hasil perhitungan engagement rate by post akun instagram @ranca_upas sebesar 1.20 % dengan jumlah followers 55.400 yang mana untuk nilai tersebut belum memenuhi standar rata-rata engagement rate. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor creating, curating, distributing, amplifying content, interesting, relevant, useful yang berkontribusi dalam pembuatan content marketing @ranca_upas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik survey, wawancara, serta studi pustaka. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling yang berjumlah 203 orang dengan karakteristik pengguna instagram yang pernah mengunjungi akun instagram @ranca_upas. Objek dalam penelitian ini yaitu konten-konten yang diposting @ranca_upas dengan format foto dan video. Untuk mengukur penilaian responden terhadap konten @ranca_upas digunakan skala likert. Hasil penelitian ini, diketahui bahwa penilaian responden terhadap konten @ranca_upas sudah baik. Namun berdasarkan hasil wawancara dan temuan data terdapat beberapa faktor dan indikator yang perlu ditingkatkan lagi yaitu indikator audience mapping, content creation, paid channel, faktor interesting dan relevant. Rekomendasi yang diberikan yaitu mengeksplorasi format konten, mendistribusikan konten ke seluruh channel yang digunakan konsumen, menentukan target audiens yang jelas, meningkatkan in house producers capability, konsistensi, menggunakan instagram ads, memperhatikan engagement rate, melakukan soft selling, dan memperhatikan perubahan perilaku konsumen. Kata kunci: marketing 4.0, digital marketing, social media marketing strategy, instagram, content marketing, pengembangan content marketing, engagement rate.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: marketing 4.0, digital marketing, social media marketing strategy, instagram, content marketing, pengembangan content marketing, engagement rate.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:48
Last Modified: 21 Feb 2024 02:48
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2392

Actions (login required)

View Item View Item