Cecilia, Zilena Maha (2020) TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN MAKANAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD KELAS B JAKARTA BARAT DENGAN METODE IMPORTANCE- PERFORMANCE ANALYSIS. S1 thesis, Poltekpar NHI Bandung.
Text
S_201621228_BAB I.pdf Download (111kB) |
|
Text
S_201621228_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
S_201621228_BAB III.pdf Download (264kB) |
|
Text
S_201621228_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
|
Text
S_201621228_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
Text
S_201621228_COVER.pdf Download (408kB) |
|
Text
S_201621228_FULLTEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
S_201621228_JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
Abstract
ABSTRAK Pelayanan makanan yang diselenggarakan oleh unit instalasi gizi di rumah sakit merupakan salah satu jenis pelayanan yang diterima oleh pasien. Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya terus mengevaluasi kinerja yang diberikan melalui kritik dan saran dari pasien untuk perbaikan yang berkesinambungan setiap bulannya. Kepuasan pasien dalam hal pelayanan makanan bisa mencakup kualitas pelayanan dan kualitas makanan. Kualitas pelayanan mencakup tangibles, empathy, reliability, responsiveness, dan assurance. Sedangkan kualitas makanan mencakup freshness, presentation, well cooked, dan variety of food and beverage. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti, menganalisa, dan mengukur aspek dalam pelayanan makanan yang menjadi prioritas yang perlu ditingkatkan, prestasi yang harus dipertahankan, prioritas rendah, dan berlebihan. Data diperoleh dari kuesioner yang telah diuji validitas dan realibilitasnya kepada 93 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance-Performance Analysis (IPA) dan diolah dengan bantuan IBM Statistics SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek dalam kualitas pelayanan dan kualitas makanan dengan tingkat kesesuaian sudah sesuai/ baik dimana 10 aspek dari 14 aspek kualitas pelayanan dalam kuadran II dan 8 aspek dalam kualitas makanan berada dalam kuadran II. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat 2 aspek dari 14 aspek kualitas pelayanan dalam kuadran I yaitu kesigapan petugas merespon kebutuhan pasien, petugas Pelayanan Makanan memberikan informasi dengan jelas dan 2 aspek dari 15 aspek dalam kuadran I yaitu perpaduan warna makanan disusun secara menarik dan variasi snack atau buah yang disajikan yang perlu ditingkatkan. Kata kunci : Kepuasan pasien, kualitas pelayanan, kualitas makanan, Importance-Performance Analysis
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition, Food and Food Supply |
Divisions: | Jurusan Perjalanan > S1 Studi Akomodasi Katering |
Depositing User: | Fakih Zulfa |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:26 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 08:39 |
URI: | http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/274 |
Actions (login required)
View Item |