OPTIMALISASI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DIGITAL DI MORA WEDDING ORGANIZER KOTA BANDUNG

Rafli, Aditya Purnama (2024) OPTIMALISASI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI DIGITAL DI MORA WEDDING ORGANIZER KOTA BANDUNG. D4 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
PA_2020306030_BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
PA_2020306030_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
PA_2020306030_BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
PA_2020306030_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] Text
PA_2020306030_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
PA_2020306030_COVER.pdf

Download (513kB)
[img] Text
PA_2020306030_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Mora adalah salah satu perusahaan yang bergerak di industri Wedding organizer Kota Bandung. Produk dan jasa yang ditawarkan oleh Mora Wedding Organizer merupakan untuk mengorganisasi event pernikahan, baik dalam perencanaannya, saat hari pernikahan hingga setelah acara. Mora sudah terjun di industri wedding organizer selama 11 tahun tentunya sudah menangani ratusan client. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, promosi dilakukan melalui digital agar dapat sesuai dengan minat client di era digitalisasi. Untuk dapat bersaing dengan kompetitor lain dalam melakukan promosi Mora wedding organizer mulai menggunakan sosial media instagram sebagai media promosi sejak 2015. Melihat lamanya penggunaan instagram yang dilakukan oleh mora membuat penulis tertarik untuk meneliti bagaimana cara mengelola media sosial instagram Mora wedding agar dapat melakukan promosi digital. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi apakah sudah optimal atau tidaknya dalam melakukan pengelolaan instagram sebagai media promosi. Penulis mengacu pada teori pengelolaan media sosial instagram (Luttrel, 2015 & 2022) yang terdiri dari empat model sirkular, yaitu Share, Optimize, Manage dan engage. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan melakukan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Teknik analisis data yang penulis gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapati kurangnya optimal dalam pengelolaan sosial media instagram untuk melakukan promosi digital sehingga mengakibatkan kalah persaingan di era digital. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah engagement rate pada akun tersebut, lalu dapat dilihat dari empat model sirkular, yaitu Share, Optimize, Manage dan engage terlihat bahwa dalam perencanaan pengelolaanya tidak menggunakan fitur dan tools secara optimal bahkan akun instagram tersebut masih kurang aktif dalam melakukan promosi di akun instagram mora.

Item Type: Thesis (D4)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Media Sosial, Instagram, Wedding Organizer, Pengelolaan, optimalisasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Jurusan Perjalanan > D4 Pengelolaan Konvensi Dan Acara
Depositing User: Anggraeni Pratiwi
Date Deposited: 16 May 2025 08:17
Last Modified: 16 May 2025 08:17
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/2933

Actions (login required)

View Item View Item