PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENYELENGGARAAN SPORT EVENT TERHADAP KEPUASAN PESERTA JAKARTA MARATHON 2020

Rizky, Adhy Satria Mulya (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PENYELENGGARAAN SPORT EVENT TERHADAP KEPUASAN PESERTA JAKARTA MARATHON 2020. S2 thesis, Poltekpar NHI Bandung.

[img] Text
T_201923856_BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
T_201923856_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] Text
T_201923856_BAB III.pdf

Download (773kB)
[img] Text
T_201923856_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
T_201923856_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
T_201923856_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
T_201923856_FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
T_201923856_JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)

Abstract

Pariwisata Olahraga di zaman ini sudah menjadi paradigma yang baru dan banyak mendapatkan perhatian stakeholders, seperti pemerintah pusat dan daerah, swasta, akademis sampai ke masyarakat. Sport tourism sudah menjadi perjalanan wisata untuk dapat berperan dalan kegiatan olahraga (peserta maupun panitia), seperti rekreasi, berlomba atau berkompetisi, hingga berpergian ke venue penyelenggaraan olahraga seperti stadion sepak bola. Event Organizer yang sudah terkenal di Ibu Kota salah satunya ialah PT. Inspiro Promotor MICE, dan sejak tahun 2013 sudah menyelenggarakan Jakarta Marathon untuk pertama kalinya dan bersifat Nasional maupun International. Jakarta Marathon menjadi event tahunan yang diadakan PT. Inspiro Promotor MICE atau secara luas dikenal JakMar. Setiap tahunnya JakMar ini diikuti oleh peserta domestic maupun mancanegara dan setiap tahunnya jumlah peserta meninggkat, tetapi pada tahun 2018 terjadi penurunan dari tahun sebelumnya berbeda dengan tahun 2020 yang dilakukan secara Hybrid Event karena masa pandemic Covid-19. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. Inspiro Promotor MICE selaku kepada Peserta Marathon. Untuk responden didalam penelitian ini terdapat 2 responden, pertama ialah pimpinan PT. Inspiro Promotor MICE atau Project Manager JakMar 2020 selaku panitia penyelenggara dan para Peserta Marathon yang mengikuti rangkaian event JakMar 2020 dengan teknik sampel purposive sampling. Teori yang digunakan adalah teori kualitas pelayanan yang terdiri dari 3 aspek, yaitu Physical Environment Quality, Interaction Quality, dan Outcome Quality dengan cara analisa berdasarkan statisktik deskriptif, teknik analisis IPA (Important Performance Analysis), dan analisis regresi linear berganda. Sehingga penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan dan rekomendasi terkait dengan pengaruh kualitas pelayanan PT. Inspiro Promotor MICE terhadap kepuasan pelanggan di event Jakarta Marathon 2020. Dalam penelitian ini kesimpulan yang didapat berdasarkan kuesioner adalah Berdasarkan hasil perhitungan gap antara persepsi dan harapan responden didapatkan hasil bahwa peserta marathon belum merasa puas terhadap kualitas layanan penyelenggaraan sport event. Berdasarkan hasil IPA pada kuadran A (Prioritas Utama yang artinya Tidak Puas dan Sangat Penting) terdapat 2 indikator yang harus menjadi prioritas utama bagi penyelenggaraan didalam meningkatkan layanan yang diberikan, dan berdasarkan uji koefisien Physical Environment Quality, Interaction Quality, dan Outcome Quality berpengaruh terhadap kepuasan peserta marathon sebesar 75,7% sedangkan sisanya sebesar 24,3% dipengaruhi oleh factor lain yang tidak diamati pada penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan tersebut, bebearapa rekomendasi ditulis untuk setiap permasalahan agar lebih baik dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada peserta marathon dan memberikan pengalaman baru yang lebih baik dimata peserta marathon. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Persepsi, Ekpektasi, Kepuasan Pelanggan, Sport Events. Jakarta Marathon 2020.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Magister Manajemen Bidang Pariwisata
Depositing User: Unnamed user with email ofi@stp-bandung.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2022 07:00
Last Modified: 24 Nov 2022 05:47
URI: http://repository.poltekpar-nhi.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item